Jakarta (ANTARA News) - Ketua Panitia Indonesia International Motor Show Johnny Darmawan mengemukakan beberapa masukan agar industri otomotif tidak lagi berpusat di Pulau Jawa.

"Suatu saat hal ini harus dilakukan. Masalahnya distribusi orang tersentral semua ke Pulau Jawa, bagaimana pulau-pulau lain akan berkembang kalau sentra di sana tidak dibikin," kata Johnny di Jakarta. Jumat.

Ia mengatakan hal tersebut usai penyerahan  sertifikat "Consumer Protection Index Automotive 2014" kepada sebelas merek otomotif saat berlangsungnya ajang tahunan Indonesian International Motor Show 2014 di Kemayoran.

Menurut dia pergeseran industri otomotif keluar Jawa harus mendapat dukungan dari pemerintah.

"Harus ada kerja sama dengan pemerintah, misalnya transmigrasi, tidak akan berjalan kalau tidak ada dukungan yang mutlak dari pemerintah," ujarnya.

Ia menyampaikan saat ini industri otomotif juga sudah dikembangkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Saya merasa pengembangan industri otomotif di luar Jawa harus dilakukan, agar distribusi otomotif tidak terpusat di Jawa dan pulau-pulau lain pun dapat berkembang," katanya.

Dia mengemukakan salah satu bentuk dukungan yang harus diberikan oleh pemerintah guna mengembangkan industri otomotif di luar Jawa adalah mengeluarkan kebijakan yang mendorong gairah investasi.

"Misalnya pada sejumlah jalan dari Lampung menuju Palembang masih sepi, juga di Papua jumlah mobil masih sedikit. Jadi,  perlu perhatian khusus pada daerah-daerah ini," katanya.

Ia optimistis jika pembangunan infrastruktur terutama jalan dilakukan lebih cepat maka pemgembangan industri otomotif di luar Jawa akan semakin cepat terwujud.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014