Jakarta (ANTARA News) - PT Toyota Astra Motor meraih dua penghargaan dalam Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2014, melalui dua produk andalannya, yaitu Toyota Avanza untuk kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Toyota Camry untuk kategori Sedan Besar dengan Kapasitas di atas 2.000 cc.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan rasa terima kasih atas anugerah yang diterima Toyota, yang dinilai sebagai bentuk apresiasi dan tolok ukur kinerja merek Toyota di mata konsumen.

"Penghargaan terhadap kedua produk andalan Toyota ini akan semakin mendorong kami untuk terus berinovasi dan melakukan peningkatan berkelanjutan, demi memberikan kepuasan kepada konsumen di Tanah Air," kata Rahmat.

Dia menjelaskan aejumlah prestasi yang berhasil dicapai Toyota Avanza antara lain mencatatkan total penjualan lebih dari 1 juta unit di pasar domestik, serta ekspor lebih dari 200 ribu unit dalam kurun 10 tahun eksistensinya.

Menurut dia, Toyota Avanza dirancang teknisi dan desainer handal Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan konsumen di segmen low MPV yang ketika itu terus menunjukkan tren pertumbuhan yang signifikan.

"Toyota Avanza turut ikut andil menjadi pionir dalam tumbuh kembangnya industri otomotif di Tanah Air. Dengan local content yang mencapai 85 persen dan telah diekspor ke lebih dari 40 negara," ujarnya.

Indonesia Best Brand Award 2014 merupakan penghargaan yang diselenggarakan oleh MARS Marketing & Research dan Majalah SWA, yang bekerja sama dengan Metro TV selaku media partner.

Penyelenggara melakukan brand survey yang digelar di sejumlah kota besar di Indonesia, dengan kurun waktu selama 3 bulan.

Dengan metode multistage random sampling, survei dilakukan kepada lebih dari 10.000 responden, guna mengetahui merek terbaik dari berbagai kategori produk.

Sepanjang 2014, penghargaan ini adalah penghargaan ke-20 yang diterima TAM dari sejumlah penghargaan prestisius.

Sebelumnya, Toyota berhasil mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat dengan reputasi terbaik dalam ajang Corporate Image Award 2014.

Selain itu, penghargaan lainnya yang berhasil diraih antara lain Top Brand Award 2014 melalui Toyota Avanza, Kijang Innova dan Yaris, Perusahaan Otomotif dengan Layanan Contact Center Terbaik, serta penghargaan Autocar Reader's Choice Award 2014 yang berhasil diperoleh The All New Vios, Camry, Kijang Innova, Alphard, Rush, Land Cruiser, dan Toyota 86.

Toyota juga berhasil mendapatkan gelar sebagai Pelopor Pencegahan Polusi pada ajang Indonesia Green Award 2014, serta dua penghargaan lainnya dalam ajang Indonesia Car Lifestyle Award (ICLA) 2014, yaitu The Best Family Car 2014 yang diraih Toyota NAV1 dan penghargaan sebagai Best Website.

Pada awal bulan ini, Toyota juga berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat di Tanah Air dengan pelayanan purnal jual terbaik kepada para pelanggan.

Penghargaan yang bernama Indonesia Customer Service Index (CSI) Study 2014 tersebut diberikan oleh J.D. Power Asia Pacific, yang merupakan lembaga jasa konsultasi marketing berskala global.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014