Jakarta (ANTARA) - Wuling Motors memilih untuk fokus memenuhi kebutuhan konsumen kendaraan dalam negeri alih-alih memusingkan kebijakan insentif pemerintah dalam pemasaran kendaraan hibrida.

Manajer Hubungan Masyarakat Wuling Motors Brian Gomgom menyampaikan bahwa perusahaan akan tetap memasarkan kendaraan hibrida meskipun pemerintah tidak memberikan insentif.

"Kita masih tetap memasarkan hybrid ya, karena kita di Cikarang punya fasilitas produksi EV, hybrid, dan ICE," kata Brian kepada awak media di Bogor, Jawa Barat, Selasa (13/8).

"Memang kalau kita lihat pasarnya hybrid kan sudah ada dan berkembang. Jadi kita tetap akan bermain di hybrid juga dengan Almaz Hybrid," katanya.

Ia menyampaikan bahwa Almaz Hybrid, yang hadir sejak 2022, masih berperan penting bagi penjualan kendaraan Wuling di Indonesia.

Baca juga: Mobil hibrida juga dinilai layak mendapat insentif non-fiskal

Baca juga: Moeldoko sebut insentif mobil hibrida bisa hambat pertumbuhan BEV


Brian menyampaikan bahwa Wuling Motors menyediakan berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kebutuhan konsumen, mulai dari kendaraan dengan mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE), kendaraan hibrida, hingga kendaraan elektrik (Electric Vehicle/EV).

"Kita kompeten untuk bikin hybrid, EV, dan ICE, jadi kita akan bagi market-nya saja. Kalau misalkan hybrid ada market-nya, kita sudah punya produk, misalnya EV market-nya tumbuh, kita sudah punya produknya," katanya.

"Jadi, kita menyiapkan apa yang konsumen butuhkan, nanti konsumen tinggal memilih. Jadi bukan ada kebijakan, tapi karena konsumen butuh akan itu, ya kita ambil," ia menambahkan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya menyampaikan bahwa tidak ada perubahan kebijakan terkait pajak penjualan atas barang mewah yang ditanggung pemerintah tahun ini.

Artinya, pemerintah tahun ini tidak akan memberikan insentif dalam pemasaran kendaraan hibrida sebagaimana harapan produsen otomotif.

Airlangga mengemukakan bahwa penerimaan pasar terhadap kendaraan hibrida dinilai sudah cukup baik meskipun pemerintah tidak memberikan insentif untuk mendukung pemasarannya.

Baca juga: Siap-siap, MG Motor bakal bawa mobil hibrida ke Indonesia

Baca juga: Kia akan menambah mobil hibrida dalam barisan kendaraannya

 

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024