Jakarta (ANTARA) - Aston Martin akan merilis mobil Vanquish generasi terbaru tahun ini, yang ditaksir menggunakan mesin V12 dan lebih bertenaga dibandingkan mobil sebelumnya.

Vanquish edisi terbaru, dilaporkan Autocar, Rabu (1/5), akan menggunakan torsi 824bhp dan 738lb, meningkat dari sebelumnya yang sebesar 109bhp dan 74lb.

Peningkatan itu bisa dilakukan berkat pengembangan ulang untuk mesin turbocharged V12.

Baca juga: Aston Martin EV mundur ke 2027, fokus diarahkan ke mobil "hybrid"

Baca juga: Aston Martin AMB 001 Pro hanya diproduksi sebanyak 88 unit


Aston Martin juga memperkuat blok silinder, merancang ulang kepala silinder dan camshaft (poros bubungan) Vanquish terbaru itu. Mereka juga memindahkan busi yang dikombinasikan dengan injektor bahan bakar yang lebih bertenaga untuk menghasilkan pembakaran yang optimal.

Sayangnya, Aston Martin belum memberi tahu spesifikasi lengkap Vanquish. Menyoal apakah Vanquish masih menggunakan mesin berkapasitas 5,2 liter, mereka menyatakan mesin akan "mencapai performa dan efisiensi yang belum pernah ada sebelumnya".

Mesin Vanquish akan dibuat dengan tangan dalam jumlah yang sangat terbatas sehingga menimbulka dugaan mobil akan memiliki volume yang lebih kecil dibandingkan pendahulunya.

"Dengan torsi 824bhp dan 738lb, mesin mewakili era V12 tak tertandingi bagi Aston Martin," kata pimpinan teknis Aston Martin Roberto Fedeli.

Baca juga: Aston Martin bawa penyegaran mobil AMR24 demi hadapi F1 2024

Baca juga: Aston Martin pastikan kembali lebih kuat pada musim 2024

Baca juga: Aston Martin kembangkan platform EV penggerak roda depan 800 volt
Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024