Jakarta (ANTARA News) - Yayasan Toyota dan Astra (YTA) menyerahkan bantuan 40 mesin kepada SMK terpilih dari seluruh Indonesia yang akan digunakan sebagai alat peraga kegiatan belajar mengajar.

"Toyota tak hanya membuat dan menjual mobil, tetapi juga peduli pada kecerdasan anak-anak muda Indonesia. Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan yang tidak perlu dibesar-besarkan," kata Ketua Dewan Pembina YTA Johnny Darmawan saat acara penyerahan bantuan di booth Toyota di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Johnny mengatakan penyerahan mesin itu merupakan salah satu wujud kepedulian YTA untuk menjadikan pendidikan di Indonesia, terutama bidang otomotif, semakin maju dan lebih baik.

YTA merupakan lembaga nirlaba yang didirikan pada 1974 yang bergerak di pemberian bantuan untuk sektor pendidikan, khususnya di bidang teknik.

Kegaiatan YTA meliputi pemberian beasiswa untuk siswa SD hingga perguruan tinggi dan bantuan penelitian bagi para dosen serta bantuan biaya penelitian teknologi dan kegiatan ilmiah mahasiswa.

YTA juga memberikan bantuan berupa alat peraga pendidikan kepada lembaga pendidikan teknik dan buku pegangan siswa dalam pengajaran teknik pemeliharaan mobil kepada sejumlah SMK teknik otomotif.

Hingga akhir 2012, jumlah penerima beasiswa YTA mencapai lebih dari 85.000 orang, meliputi 17.000 mahasiswa dan 68.000 siswa SD hingga SMU. YTA juga memberikan bantuan untuk 230 kegiatan ilmiah mahasiswa dan 390 penelitian.

YTA juga telah memberikan bantuan berupa 293 unit mesin utuh, beberapa unit cut body, transmisi dan chassis, 1.600 wall-chart dan 58.000 buku-buku teknik untuk perguruan tinggi dan sekolah teknik di seluruh Indonesia.
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013