Jakarta (ANTARA News) - Pebalap nasional, Rifat Sungkar, mengaku telah menjuarai tiga dari empat kejuaraan off road nasional dengan mengendarai Mitsubishi Pajero Sport tanpa modifikasi berlebihan.

Salah satunya ketika ia menjuarai Kejuaraan Nasional Off Road 2013 lalu yang juga menggunakan Pajero Sport dengan sedikit perubahan, seperti shock breaker.

"Orang-orang awalnya ragu, tapi saya yakin karena sejarah mobil ini di perlombaan Motor Sport cukup bagus," kata pebalap jawara reli nasional itu ketika ditemui di booth Mitsubishi di ajang IIMS 2013 di Kemayoran, Jakarta, Sabtu.

Rifat mengaku menggunakan Pajero Sport karena pengalamannya selama tiga tahun menggunakan mobil tersebut dalam acara petualangan.

"Setelah tiga tahun, dan setelah mengangkut sekitar 300-500 orang, performa mobil ini masih bagus, makanya saya pikir kenapa enggak," katanya.

Rifat hanya melakukan beberapa perubahan pada Pajero Sport ketika mengikuti kejuaraan off road, seperti memanjangkan shock breaker, memasang bar-bar pengaman dalam mobil, dan mengganti body-nya dengan fiber.

"Kalau mengganti body itu untuk kompensasi tambahan berat karena dipasang bar pengaman," katanya.

Rifat mengaku, dengan menggunakan mobil itu dia mampu menjuarai tiga dari empat kejuaraan yang dia ikuti.

Dalam kesempatan itu, Rifat juga mengatakan bahwa untuk mengikuti kejuaran off road tidak perlu peralatan dan persiapan yang banyak.

"Saya mau menunjukkan kalau ikutan balapan enggak perlu repot," katanya.
Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013