Jakarta (ANTARA News) - Toyota TS030 Hybrid yang hadir dalam  Indonesia International Motor Show  (IIMS) 2013 diklaim pembuatnya sebagai mobil balap hybrid pertama..

"Toyota TS030 Hybrid merupakan mobil balap yang dikembangkan di bawah naungan Le Mans Prototype dengan teknologi Toyota Hybrid System-Racing atau THS-R," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Rahmat Samulo dalam jumpa pers di arena IIMS 2013, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat.

Mobil tersebut mencatatkan diri sebagai mobil balap hybrid pertama yang bertarung di ajang balap ketahanan Le Mans 24 Hours sebagai peserta utama di kelas LMP1.

Toyota TS030 berbekal dua sistem penggerak yaitu mesin konvensional dan listrik.. THS-R menggabungkan mesin konvensional 3.400 cc berkonfigurasi V8 berdaya 530 HP dengan motor listrik berdaya 300 HP. Total tenaga yang dihasilkan adalah 830 HP sehingga  TS030 hampir setara dengan kendaraan formula.

Motor listrik pada Toyota TS030 Hybrid memiliki cara kerja "Kinetic Energy Recovery System" (KERS) yang memungkinkan motor listrik menyimpan tenaga hasil momentum pengereman.

Saat melakukan akselerasi, daya yang tersimpan digunakan sebagai tambahan daya dorong. Ketika melakukan pengereman, energi yang terbuang mengisi kapasitor yang ada di dalam motor listrik.

Toyota TS030 Hybrid pertama kali muncul pada FIA World Endurance Championship (WEC) pada 2012.

Hingga saat ini, mobil itu sudah melewati sembilan balapan dengan perolehan tiga kali juara dan empat kalo meraih pole position.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013