Jakarta (ANTARA News) - Mobil SUV keluaran perusahaan otomotif Perancis Renault, Duster akan dirakit di Indonesia oleh Indomobil Group. Presiden Direktur Indomobil Group, Jusak Kertowidjojo menyebutkan bahwa Duster akan dirakit di pabrik milik Indomobil di Pulogadung.

"Duster akan dirakit di pabrik kami di Pulogadung," kata Kertowidjojo di Jakarta, Rabu.

Jusak melanjutkan bahwa produksi awal SUV Duster ini hanya sebanyak tiga hingga empat ribu unit per bulan. Namun, jumlah ini akan meningkat pada tahun depan.

"Rencananya tahun depan produksinya sudah 5ribu unit," katanya.

Investasi kerjasama pabrik ini, menurut Jusak tidak terlalu mahal karena beberapa infrastruktur serta bangunannya sendiri sudah ada. Bahkan, investasi yang ada pun digunakan untuk penyediaan alat perakit.

"Tidak mahal. Hanya sekitar Rp20 miliar," katanya.

Sebelumnya, Renault kembali meluncurkan mereknya dengan mengeluarkan tiga varian yakni Duster, Koleos dan Megane RS.

Selain perakitan, kerjasama kedua belah pihak ini juga termasuk distribusi mobil. Untuk tahun ini, Indomobil sudah memiliki lima dealership, yakni tiga di Jakarta, Bandung dan Surabaya.

"Tahun ini lima, tahun depan akan tambah lagi menjadi sepuluh," katanya.

Duster diklaim sebagai satu-satunya SUV yang menggunakan mesin diesel. "Kami lakukan peluang pasar SUV compact diesel, masih banyak bahkan belum ada yang pakai diesel di kelasnya," katanya.
Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013