California (ANTARA News) - Satu perusahaan minyak Korea Selatan punya ide sederhana tapi jitu dalam menghemat bahan bakar minyak (BBM).

Perusahaan minyak S-Oil punya ide menggunakan balon HERE, kata dalam Bahasa Inggris artinya "di sini", untuk mengurangi waktu pengendara mencari tempat kosong di lapangan parkir yang luas.

Idenya sangat sederhana. Balon berwarna kuning terang berbentuk tanda panah ke bawah diikat di setiap tempat parkir.

Saat kendaraan parkir, balon akan tertarik ke bawah oleh badan mobil sehingga tidak akan terlihat dari jauh. 

Ketika lapak itu kosong, balon akan menyembul tinggi sehingga terlihat dari jauh oleh pengemudi yang sedang mencari tempat parkir.

S-Oil memperkirakan rata-rata pengemudi di ibu kota Korea Selatan, Seoul, menempuh 500 meter setiap kali mencari tempat parkir. 

Dalam sebulan, mereka akan menempuh jarak 15 kilometer atau setara satu liter BBM hanya untuk mencari tempat parkir.

S-Oil menghitung, penggunaan balon HERE di suatu lapangan parkir bisa menghemat waktu bagi 700 kendaraan atau menghemat 13 liter BBM setiap hari. 

Kalikan dengan jumlah lapangan parkir dan hari, maka jumlah penghematan BBM yang dilakukan cukup signifikan.

Situs Greencarreports memuji ide itu sebagai cara sederhana yang memuaskan dan mudah dalam menghemat BBM. Tapi mereka juga mengkritik ide balon HERE.

Pertama, balon berisi gas helium itu yang harus diisi secara berkala. Helium bukan gas terbarukan dan lebih penting digunakan untuk keperluan medis atau sains.

"Belum lagi hampir tidak terhindarkan, ada anak-anak yang membawa gunting dan memotong tali, melepaskan balon," tulis situs tersebut.

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013