Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar "AHM Best Student (AHMBS)" yang menyeleksi pelajar terbaik dari seluruh Indonesia untuk dijadikan sebagai duta lingkungan hidup.

"Lingkungan merupakan salah satu fokus perusahaan. Karena itu, sepeda motor tidak hanya stylish dan hemat bahan bakar, tapi juga ramah lingkungan," kata Kepala Komunikasi Perusahaan AHM Kristianto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Kegiatan AHMBS ke-11 yang mengusung tema "Langit Biru Generasi Baru" itu berlangsung pada 24--28 Juni 2013 dan bekerja sama dengan jaringan dealer utama Honda di seluruh Indonesia.

Proses seleksi dimulai dari dealer utama yang memilih siswa SMA/sederajat berprestasi yang ada di wilayahnya.

Sebelum mengikuti seleksi di tingkat provinisi, para pelajar harus memenuhi beberapa persyaratan seperti masuk peringkat lima besar di sekolah, memiliki keterampilan ekstrakurikuler, dan membuat karya tulis yang disyaratkan mampu menawarkan ide atau inovasi yang berlandaskan pada tema "Langit Biru Generasi Baru."

Setelah melakukan seleksi di tingkat dealer utama, AHMBS tahun ini berhasil menjaring 70 pelajar SLTA berprestasi. Mereka terpilih setelah menyisihkan pelajar berprestasi lain di setiap wilayah regional dealer.

Kristianto mengatakan keberadaan 70 pelajar berprestasi yang dijaring melalui AHMBS ini diyakini mampu membantu perusahaan mensosialisasikan dan mengampanyekan peduli lingkungan.

"Kami mengarahkan para pelajar berprestasi ini untuk memikirkan masa depan lingkungannya melalui karya ilmiahnya. Setelah mengikuti AHMBS ini, kami berharap mereka mampu menjadi duta lingkungan hidup di wilayah masing-masing, baik untuk masa sekarang atau di masa mendatang," ujarnya.

Pada malam inagurasi AHMBS, Executive Vice President Director AHM Johannes Loman sempat memberikan pohon secara simbolis kepada perwakilan pelajar berprestasi.

Para pelajar tersebut juga diajak melakukan aksi penghijauan di lokasi di sekitar pabrik AHM di Cikarang, Jawa Barat. Bersama jaringan dealer utama, para pelajar ini juga akan dilibatkan dalam aksi penghijauan yang dilakukan dealer utama Honda di daerah masing-masing.

Dalam kegiatan AHMBS, perusahaan yang akan mengganti produk sepeda motor yang masih menggunakan karburator dengan produk baru berteknologi injeksi.

Selain mendapatkan wawasan tentang cinta lingkungan dan penghijauan, selama kegiatan berlangsung, setiap siswa berkesempatan mengikuti pelatihan dan praktik safety riding serta mengunjungi pabrik sepeda motor Honda untuk menyaksikan secara langsung proses pembuatan sepeda motor.

Para peserta juga mendapatkan beberapa materi pelatihan yang berkaitan dengan aspek pengembangan diri serta motivasi sebagai bekal pengembangan kepribadian.(*)


Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013