Tokyo, Jepang (ANTARA) - Honda Motor Co., Ltd. memperkenalkan berbagai produk dan teknologi mobilitas terbaru di ajang Japan Mobility Show 2023 di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang yang berlangsung mulai 25 Oktober hingga 5 November 2023.

"Di stan Honda, kami memamerkan tidak hanya mobil, tetapi juga beragam bentuk mobilitas saat ini dan masa depan yang Honda kejar," ujar Presiden Honda Motor Co. Toshihiro Mibe di Tokyo, Rabu.

Tema yang diusung Honda dalam pameran di JMS 2023 kali ini adalah "Honda Dream Loop". Perusahaan akan menyampaikan gambaran masa depan impian banyak orang, dimulai dari produk dan layanan mobilitas yang mencerminkan impian Honda.

Toshihiro menuturkan mobilitas memungkinkan manusia untuk melihat lingkungan baru, bertemu dengan orang baru, dan menemukan hal-hal baru, yang memperluas dunia.

Di sisi lain, mobilitas menghadapi berbagai kendala. Terkadang, perjalanan memerlukan waktu yang lama untuk mencapai tujuan, yang sering kali membatasi kesempatan untuk melakukan aktivitas lain selama perjalanan.

Baca juga: Honda dan GM operasikan taksi tanpa pengemudi di Tokyo pada 2026

Selain itu, akses ke beberapa tempat juga terbatas karena kurangnya sarana transportasi yang memadai. Untuk itu Honda bertujuan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut dan berkomitmen untuk terus memberikan kebahagiaan dan kebebasan mobilitas dalam masa depan.

"Dengan menggunakan produk dan layanan mobilitas baru sesuai keinginan pengguna, kita dapat pergi lebih cepat dan lebih jauh. Kita dapat pergi ke tempat-tempat yang tidak dapat kita capai hanya dengan kemampuan manusia. Produk dan layanan mobilitas baru akan memungkinkan orang untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan," kata Toshihiro.

Dalam pameran tersebut, Honda memperkenalkan beragam teknologi mobilitas terbaru, antara lain Cruise Origin, kendaraan listrik self-driving yang dikembangkan bersama dengan General Motors Co. dan anak perusahaannya Cruise LLC.
 
Honda tampilkan kendaraan taksi otonom Cruise Origin di pameran Japan Mobility Show di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (ANTARA/Fathur Rochman)


Kendaraan itu akan digunakan untuk layanan taksi tanpa pengemudi yang akan diluncurkan pada tahun 2026.

Honda juga memamerkan replika interior berukuran penuh dari jet bisnis ringan HondaJet Elite II. Selain itu, replika eksterior berukuran satu perlima dari Honda eVTOL, dan sistem hibrida gas turbin yang sedang dikembangkan sebagai unit penggerak Honda VTOL juga ditampilkan dalam pameran itu.
Honda tampilkan replika eksterior eVTOL di pameran Japan Mobility Show di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (ANTARA/Fathur Rochman)


Honda eVTOL dan HondaJet Elite II itu akan memperluas mobilitas tiga dimensi ke langit dan memungkinkan orang melampaui kendala tempat dan jarak.

Honda turut meluncurkan Sustaina-C Concept dan Pocket Concept, merupakan kendaraan konsep yang dibuat dari resin akrilik yang didaur ulang dan digunakan kembali. Inovasi itu memungkinkan untuk mengatasi kendala keterbatasan ketersediaan sumber daya serta mencapai keberlanjutan lingkungan.
Honda meluncurkan Sustaina-C Concept (kiri) dan Pocket Concept di pameran Japan Mobility Show di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (ANTARA/Fathur Rochman)


Honda juga meluncurkan kendaraan mikro-mobilitas otonom Honda CI-MEV yang membantu mobilitas orang-orang dengan kemampuan mengemudi terbatas maupun orang yang tinggal di daerah minim transportasi publik.

Hadir pula Honda Avatar Robot yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan tugas dan pengalaman jarak jauh seolah-olah mereka berada di tempat tersebut, serta UNI-ONE, sebuah perangkat mobilitas yang dapat dikendalikan oleh pengguna dengan menggeser berat badan mereka saat duduk dan bergerak seolah-olah mereka berjalan.

Dalam kesempatan itu, Honda juga menampilkan mobil sport Prelude Concept yang hadir dengan desain sporty dan menggunakan mesin berteknologi hybrid.
​​​​​​
Honda menampilkan Prelude Concept di pameran Japan Mobility Show di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). (ANTARA/Fathur Rochman)


Honda juga mengajak pengunjung untuk mengakses laman situs web khusus Honda untuk Japan Mobility Show 2023. Honda menawarkan kepada pengunjung untuk dapat mengemukakan ide-ide mereka sendiri tentang "mobilitas impian" menggunakan kata-kata mereka sendiri.

Selanjutnya, AI atau kecerdasan buatan akan menghasilkan "gambaran desain impian" dari setiap pengunjung. Gambaran yang dihasilkan oleh AI tersebut akan ditampilkan di layar LED di stan Honda dan di situs web khusus Honda.

"Seperti impian saya, mobilitas impian Anda akan divisualisasikan. Kami berpikir bahwa setelah pameran, kami akan memilih beberapa di antaranya dan memiliki desainer Honda bekerja dengannya," kata Toshihiro.

Baca juga: Honda kuatkan sensasi "sporty" lewat suara di CR-V RS e:HEV

Baca juga: Kendaraan listrik generasi mendatang jadi sorotan di JMS 2023

Baca juga: Toyota kenalkan Land Cruiser BEV hingga mobil luar angkasa di JMS 2023
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023