Jakarta (ANTARA) - Rincian lebih lanjut tentang Kia EV5 terungkap selama EV Day tahunan pertama perusahaan, seperti hadirnya EV5 versi GT dan sejumlah detail lainnya.

Dengan konfirmasi spesifikasi powertrain, produsen mobil Korea itu mengungkap bahwa SUV berukuran sedang ini akan muncul di pasar di luar China, seperti dilaporkan Carscoops, Kamis.

Pertama kali diperlihatkan kepada publik di Chengdu Motor Show di Cina pada bulan Agustus, EV5 adalah penawaran ketiga dalam jajaran mobil listrik Kia. Mobil ini berada di bawah EV6 dan meminjam banyak gaya dari kakaknya, EV9.

Versi "GT" dari Kia EV5 juga dikonfirmasi sedang dalam proses pengerjaan, meskipun Kia belum mengumumkan jangka waktu peluncurannya, dan juga tidak mengisyaratkan spesifikasi atau ketersediaan di pasar.

EV5 pada awalnya akan ditawarkan di Cina, dengan peluncuran global di kemudian hari. EV5 untuk pasar Tiongkok akan diproduksi di dalam negeri dan akan tersedia bagi pelanggan dalam tiga variasi: Standar, Jarak Jauh, dan AWD Jarak Jauh.

Baca juga: Kia ungkap harga SUV listrik EV9 2024

Model global, yang diproduksi di Korea, juga akan mendapatkan judul variasi yang sama, tetapi dengan spesifikasi yang berbeda.

Interior Kia EV5 (ANTARA/X/Hyundai Motor Group)


Di Cina, model Standar akan memiliki paket baterai 64 kWh yang dipasangkan dengan motor 160 kW (218 PS / 215 hp) untuk menghasilkan jarak tempuh 530 km.

Model Standar untuk pasar global akan menampilkan baterai 58 kWh yang lebih kecil, tetapi juga akan memiliki motor 160 kW (218 PS / 215 hp) yang sama dengan penggerak roda depan.

Motor 160 kW (218 PS / 215 hp) juga terdapat pada model EV5 jarak jauh di pasar Cina dan global, perbedaannya hanya pada ukuran baterai. Konsumen Tiongkok akan mendapatkan baterai 88 kWh untuk jarak tempuh CLTC 720 km.

Sementara negara-negara lain akan mendapatkan paket baterai 81 kWh yang sedikit lebih kecil, dengan perkiraan jarak tempuh yang belum diumumkan.

Untuk EV5 buatan Cina dan Korea, EV5 AWD Jarak Jauh akan menambahkan motor sekunder 70 kW (95 PS / 94 hp) untuk menggerakkan gandar belakang. Namun, model Cina memiliki output gabungan 5kW (6,8 PS / 6,7 hp) lebih besar daripada model lainnya, dengan 230 kW (313 PS / 308 hp), dibandingkan dengan model global 225 kW (306 PS / 302 hp).

Kia juga menyebutkan bahwa EV5 buatan China akan memiliki kemampuan pengisian daya cepat DC dari 30 hingga 80 persen dalam 27 menit.

Semua EV5 akan dilengkapi dengan pompa panas seperti yang ditemukan pada EV6, sementara apa yang disebut sebagai penggerak satu pedal dapat dicapai dengan sistem i-Pedal Kia.

Di dalam kabin, Kia EV5 2025 akan menampilkan antarmuka terbaru dari merek ini yang diaplikasikan pada semua layar untuk konektivitas tanpa batas. Dua layar 12,3 inci menangani kluster dan sistem infotainment, sementara layar kontrol iklim 5,0 inci yang terpisah juga hadir.

Baca juga: Kia ungkap desain SUV listrik EV5

Baca juga: Kia perkenalkan konsep SUV listrik EV5 di China

Baca juga: Empat pabrikan akan tarik hampir 8.000 mobil karena komponen rusak

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023