Semarang (ANTARA News) - PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (DSO) Cabang Semarang menargetkan sanggup menjual mobil sebanyak 2.100 unit pada tahun ini melihat potensi pasar yang berkembang.

"Tingkat penjualan kami tahun lalu mencapai sekitar 1.740 unit berbagai varian Daihatsu. Kami optimistis tahun ini semakin naik," kata Kepala Cabang DSO Semarang S. Bambang Darjanto di Semarang, Kamis.

Hal itu diungkapkannya usai penyerahan bantuan mesin dan buku panduan Daihatsu kepada 15 sekolah menengah kejuruan (SMK) binaan di Jawa Tengah berkaitan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Bambang menyebutkan "market share" di Semarang tahun ini cenderung naik, dibuktikan dengan meningkatnya permintaan konsumen sejak awal tahun hingga periode April 2013, terutama untuk varian Daihatsu Xenia.

"Tahun lalu, setidaknya kami mampu menjual sekitar 145 unit mobil Daihatsu/bulan. Memasuki tahun ini cenderung naik, setidaknya kami sanggup menjual 175-185 unit/bulan untuk berbagai varian," katanya.

Untuk varian yang paling diminati konsumen, ia mengaku sekarang ini Daihatsu Xenia yang paling banyak. Bahkan, penjualan varian itu berkontribusi sekitar 51-52 persen dari seluruh varian Daihatsu yang ditawarkan.

Selebihnya, kata dia, seperti varian mobil pikap mengikuti di bawah Daihatsu Xenia, disusul minibus Luxio, dan Terios sekarang ini juga banyak dicari konsumen dengan tingkat permintaan yang cenderung sama.

"Kami melihat pertumbuhan `market` yang cukup signifikan, sekitar 20 persen tahun ini. Ini ditunjang oleh pertumbuhan sektor industri yang kian positif sehingga membuka pasar yang semakin luas," katanya.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013