Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Co. dan afiliasinya yang lebih kecil, Kia Corp., mengumumkan bahwa penjualan kendaraan mereka di Amerika Serikat naik 6 persen pada Agustus dibandingkan tahun sebelumnya, didukung oleh penjualan kuat model SUV dan kendaraan listrik.

Hyundai dan Kia berhasil menjual total 143.646 kendaraan di AS bulan lalu, naik dari 135.526 unit pada tahun sebelumnya. Angka penjualan Hyundai mencakup hasil penjualan merek independennya, Genesis, demikian disiarkan Yonhap, Senin (4/9).

Penjualan kendaraan Hyundai naik 3 persen menjadi 71.499 unit tahun ini, dengan penjualan Genesis melonjak 26 persen menjadi 6.453 unit dan Kia meningkat 9,2 persen menjadi 72.147 unit, menurut data penjualan yang dirilis oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Baca juga: Hyundai luncurkan Ioniq 5 N, model kendaraan listrik pertama merek N

Pada bulan Agustus, penjualan kendaraan ramah lingkungan kedua produsen mobil asal Korea Selatan ini, termasuk hibrida bensin, kendaraan listrik sepenuhnya, dan model bertenaga sel bahan bakar hidrogen, melonjak 87 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 27.900 unit.

Dari Januari hingga Agustus, penjualan kendaraan Hyundai dan Kia secara keseluruhan di AS naik 15 persen menjadi 1.107.613 kendaraan dari 966.684 unit pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Hyundai dan Kia telah menetapkan target penjualan gabungan sebanyak 7,52 juta unit tahun ini, naik 9,8 persen dari 6,85 juta unit yang mereka jual tahun lalu.

Hyundai dan Kia bertujuan untuk menjual masing-masing 4,32 juta mobil dan 3,2 juta unit di pasar global tahun ini. Keduanya bersama-sama membentuk perusahaan otomotif terbesar ketiga di dunia berdasarkan penjualan setelah Toyota Motor Corp. dan Volkswagen Group. 

Baca juga: Penjualan Kia naik 5,2 persen di Agustus didorong permintaan kuat SUV

Baca juga: Penjualan kendaraan listrik secara online di Indonesia terus melonjak

Baca juga: AISMOLI: Penjualan sepeda motor listrik capai 48 ribu unit
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023