Jakarta (ANTARA News) - Kepala Eksekutif Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda mengumumkan Toyota akan memproduksi sedan Lexus ES di Amerika Serikat pada 2015.

Pada 18 April 2013, Toyota mengumumkan akan memproduksi model baru tetapi tidak mengatakan nama model dan dimana akan diproduksi, seperti dikutip inautonews pada Senin (22/4).

Pada 2011, Lexus yang merupakan sumber terpenting keuntungan Toyota dikalahkan BMW dan Mercedes dalam penjualan mobil mewah di AS. Akibatnya dominasi Lexus di pasar mobil mewah AS selama 11 tahun berakhir

Saat ini Toyota berencana ingin membawa kembali Lexus sebagai pemimpin pasar mobil mewah AS dengan menawarkan model yang memanjakan keluarga dan berperforma tinggi sehingga dapat menyaingi model-model mobil asal Jerman.

Kemungkinan besar Lexus akan memproduksi model Lexus di pabrik Toyota di Georgetown, Kentucky.

Pemerintah Kentucky untuk Pembangunan Ekonomi akan menawarkan insentif pajak untuk memperluas pabriknya di Georgetown, pabrik Lexus yang terbesar di Amerika Utara. Ekspansi itu akan dilakukan pada 2015 dan Toyota akan menambah model baru di sana.

Dalam rangka untuk mendapatkan keuntungan besar dari kredit, Toyota akan menginvestasikan senilai 531,2 juta dolar AS untuk pabrik dan membuka 570 lowongan pekerjaan baru.
Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Copyright © ANTARA 2013