Bandung (ANTARA News) - Praktisi mengatakan pasar motor niaga beroda tiga di Indonesia telah tumbuh pesat di atas 40 persen dengan penyerap utama sektor usaha kecil dan menengah.

"Pertumbuhan pasar kendaraan bermotor roda tiga sangat pesat, di atas 40 persen. Hal ini tidak lepas dari tumbuhnya UKM dan munculnya varian baru dari kendaraan bermotor roda tiga itu," kata General Marketing PT Triangle Motorindo, produsen motor merek Viar, Akhmad Z Dallie di Bandung, Senin.

Dallie menyebutkan, pertumbuhan kendaraan motor niaga tersebut tidak lepas dari perkembangan bisni usaha yang makin pesat dan dinamis, khususnya pelaku UKM yang membuka peluang baru bagi penyedia kendaraan alternatif yakni kendaraan bermotor roda tiga.

Pertumbuhan ekonomi yang membaik, berdampak signifikan terhadap bisnis otomotif, termasukl kendaraan alternatif niaga non mobil yang bisa berharga lebih ekonomis dan fungsi yang efektif.

"Kendaraan bermotor komersil roda tiga menjawab kebutuhan transportasi angkutan barang murah, irit dan daya angkut cukup banyak. Kenyaraanya pelaku UKM melirik kendaraan ini untuk mobilitas mereka," kata Dallie.

Berdasarkan data pasar motor niaga roda tiga dalam lima tahun terakhir, kata dia, pertumbuhan pada 2009 mencapai 200 persen, pada 2011 mencapai 100 persen, dan pada 2012 mencapai 40 persen dengan total penjualan 30.000 unit.

"Tahun 2013 ini, Viar menargetkan penjualan 39.000 unit, atau 57 persen dari target penjualan seluruh produk kami pada 2013," katanya.

Kendaraan dengan pajak masuk kategori sepeda motor itu membantu bagi para peritel dan pemilik agen-agen kecil maupun UKM seperti perusahaan ritel gas, air mineral, kuliner bahkan di instansi pemerintahan.

Bahkan Jawa Timur dan DKI Jakarta melakukan pemeanan untuk sadarana pemadam kebakaran mini yang ditempatkan di setiap RT.

"Sebagian besar penjualan kendaraan niaga roda tiga di Jawa Timur dan Jateng. Kedua daerah itu tingkat penyerapannya cukup besar oleh kalangan UKM," kata Dallie.

Namun demikian, kebutuhan pasar untuk kendaraan roda tiga yang lebih murah meningkat, sehingga menantang pabrikan kendaraan niaga alternatif itu untuk mengeluarkan produk kendaraan berkapasitas lebih kecil dengan harga lebih murah.

"Pertengahan 2013 ini akan akan muncul kendaraan roda tiga dengan kapasitas mesin lebih kecil, selama ini kan berkisar 150cc hingga 200cc, nanti akan muncul produk 100cc," kata Akhmad Z Dallie menambahkan.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013