Frankfurt (ANTARA News) - CEO Daimler AG, Dieter Zetsche, menginginkan Mercedes-Benz berada di puncak pasar mobil-mobil premium dan melampaui posisi Audi dan BMW.

"Saya yakin kami akan mengungguli saingan kami pada 2020," kata Zetsche seperti dikutip koral lokal Boersen-Zeitung.

Zetsche mengharapkan target itu dapat tercapai ketika dirinya menjabat sebagai pemimpin Daimler yang berakhir pada Desember 2013. Tapi, jabatan itu diharapkan akan diperpanjang hingga tiga tahun setelahnya.

Daimler telah berjanji akan memangkas biaya Mercedes-Benz sebesar dua miliar euro pada akhir 2014 setelah memperingatkan divisi itu tentang target keuntungan operasional yang meleset tahun ini sebesar satu miliar euro.

Zetsche mengatakan Mercedes gagal untuk menjaga persaingan dengan para kompetitornya di pasar mobil "compact" dan di China.

Produsen mobil-mobil mewah Jerman berusaha menjaga pertumbuhan penjualan dengan menjual produk mereka di AS dan China pascakrisis ekonomi di Eropa.

Mercedes-Benz, Audi, dan BMW menargetkan catatan penjualan pada tahun ini ketika kompetitor massal mereka di Eropa menghadapi penjualan terendah di wilayah itu sejak 17 tahun.

(I026)


Penerjemah: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2012