Jakarta (ANTARA News) - Berurusan dengan kabel "charger" ponsel yang kusut bisa menjadi masalah di dalam mobil pada saat ini.

Toyota yang berafiliasi dengan pemasok Denso menggandeng Philips & Lite-On Digital Solutions untuk menciptakan sebuah pengisi daya ponsel secara nirkabel di dalam mobil sehingga pengemudi mobil tidak perlu repot-repot membawa kabel charger. 

Teknologi itu akan diadopsi oleh sedan Toyota Avalon 2013 edisi terbatas. Toyota Avalon memiliki mesin bertenaga bensin dan hybrid. 

Untuk menggunakan pengisian charger nirkabel, pengguna tinggal meletakan atau mendekatkan ponsel mereka ke permukaan Qi-enabled. Qi adalah standar global untuk pengisian nirkabel dan elektronik.  

Permukaan Qi terletak di konsol tengah mobil seperti dikutip Automotive News pada Sabtu (22/12). 

Banyak ponsel pintar keluaran tahun 2013 akan mencakup chip Qi. Sejauh ini sudah 34 model ponsel pintar yang memiliki integrasi nirkabel Qi. 

"Meningkatnya penggunaan ponsel pintar di dalam mobil, kami ingin memberikan solusi pengisian yang nyaman untuk pelanggan dengan menghilangkan fungsi kabel," kata Wakil Presiden penjualan Toyota untuk Denso International America Inc Bill Foy. 

Toyota menguasai 22.5 persen perusahaan induk Jepang Denso International, Denso Corp. 

Kepala Insinyur Randy Stephens Toyota Avalon mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Merintis kemampuan mengisi daya tanpa kabel atau konektor dengan menempatkan perangkat itu di konsol mobil adalah sebuah inovasi yang intuitif."

(adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012