Beijing (ANTARA) - Pasar mobil China mencatatkan peningkatan laju pertumbuhan pada Maret 2023, dengan para pelaku industri meyakini bahwa pasar itu akan terus menggeliat berkat berbagai kebijakan pendukung baru dan janji penerapan lebih banyak kebijakan lainnya di masa mendatang.

Penjualan mobil di China meningkat 9,7 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi sekitar 2,45 juta unit pada Maret 2023, tunjuk data dari Asosiasi Manufaktur Mobil China (China Association of Automobile Manufacturers/CAAM) pada Selasa (11/4).

Pada Maret, output mobil di China mencapai 2,58 juta unit, naik 15,3 persen (yoy), papar CAAM.

Kendaraan energi baru (new-energy vehicle/NEV) kembali mencatatkan kinerja luar biasa, yang didorong oleh lingkungan kebijakan yang baik.

China menjual sekitar 653.000 unit NEV pada Maret, meningkat 34,8 persen (yoy), sementara produksi NEV melonjak 44,8 persen dari setahun lalu menjadi sekitar 674.000 unit.

Pada Februari, China berjanji akan meluncurkan sejumlah kebijakan guna mendukung pembelian NEV. China akan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pengalaman para pengguna NEV, mulai dari pengisian daya hingga pendaftaran pelat nomor.

Berkat meningkatnya popularitas NEV, pangsa pasar NEV di pasar otomotif China mencapai 26,1 persen dalam kuartal pertama 2023.

Pasar kendaraan komersial China mencatatkan ekspansi yang stabil. Penjualan kendaraan komersial di negara itu mencapai 434.000 unit pada Maret, merepresentasikan peningkatan sebesar 17,4 persen (yoy).

Pada kuartal pertama 2023, ekspor mobil China membukukan peningkatan signifikan sebesar 70,6 persen dari setahun sebelumnya, memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan pasar mobil.

Ke depannya, para pelaku industri optimistis terhadap sektor otomotif China pada 2023, mengingat meningkatnya popularitas NEV dan pertumbuhan pesat ekspor mobil, ujar Wakil Sekretaris Jenderal CAAM Chen Shihua, seraya menyatakan bahwa masih ada sejumlah tantangan mengingat permintaan yang efektif belum dilepaskan sepenuhnya.

Sektor otomotif sangat penting dalam menopang perekonomian nasional, imbuh Chen, menambahkan bahwa sejumlah kebijakan untuk meningkatkan penjualan mobil diperlukan guna menyuntikkan vitalitas ke dalam pasar dan mendukung pertumbuhan stabil industri itu di sepanjang tahun ini, demikian Xinhua.


 
Pewarta:
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023