Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto memastikan akan kembali meluncurkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia pada tahun ini.

"Kita pasti akan ada lagi produk-produk elektrifikasi yang baru di tahun ini," ujar Henry di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan Toyota telah berkomitmen terhadap kendaraan elektrifikasi, terbukti dari sederet produk elektrifikasi yang telah diluncurkan di Tanah Air.

TAM antara lain sudah merilis Camry Hybrid, Corolla Altis Hybrid, C-HR Hybrid, BZ4X, Innova Zenix Hybrid, hingga yang terbaru Corolla Cross GR Sport Hybrid di Indonesia. Dia mengatakan Toyota tidak akan berhenti untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

"Jadi rasanya tahun ini pasti akan ada lagi," kata Henry.

Baca juga: TAM yakin pasar elektrifikasi di Indonesia makin tumbuh di 2023

Di samping kendaraan elektrifikasi, Toyota juga tetap akan menghadirkan kendaraan bertenaga pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE) di Indonesia.

Henry mengatakan Toyota akan menghadirkan kendaraan berteknologi ICE dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit serta memiliki emisi yang lebih rendah.

Dalam kesempatan itu, Henry juga menyampaikan bahwa Toyota telah menginisiasi satu proyek yang lebih besar dalam upaya mencapai netralitas karbon dengan melibatkan masyarakat, yaitu lewat program kampanye lingkungan hidup bertema “It's Time for Everyone”.

Sebagai langkah awal dari kampanye tersebut, TAM melakukan pengelolaan limbah melalui pengadaan waste station (tempat pengumpulan limbah) untuk kemudian menyediakan berbagai cara pengurangan emisi karbon lainnya.

"Jadi memang komitmen Toyota sangat tinggi untuk masalah lingkungan dan karbon netral. Jadi, bukan hanya produk, tapi, kita juga mendorong yang namanya kampanye eco friendly  bersama-sama dengan masyarakat," kata Henry.

Baca juga: Spesifikasi mobil listrik bZ4X yang harganya Rp1 miliar lebih

Baca juga: Pemerintah beri insentif PPN mobil dan bus listrik hingga 10 persen

Baca juga: Casion hadirkan SPKLU unik, gaet seniman lokal
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023