Jakarta (ANTARA) - Pabrikan otomotif Prancis, Citroen bermitra dengan Playmobil untuk membuat versi mainan dari mobil legendaris Citroen 2CV.

Dikutip dari siaran resmi di laman Citroen pada Minggu, Playmobil menawarkan 2CV versi mainan dengan detail otentik meliputi interior menyerupai asli, pintu belakang dapat dibuka, lampu depan yang khas, dan atap yang dapat dilepas.

Tidak hanya mobil saja, Playmobil juga menyediakan tiga karakter manusia dan aksesori dalam satu paket mainan. Harapannya, generasi muda bisa mengenal salah satu mobil legendaris yang produksinya telah berakhir pada 1990.

Citroen 2CV (chevaux-vapeur) merupakan mobil berkapasitas empat penumpang, berpenggerak roda depan dengan mesin mungil 375cc yang diperkenalkan pada 1948 atau 75 tahun lalu.

Dinamai 2CV karena pada awalnya mobil itu hanya memakai dua silinder dengan suara mesin yang khas.
Citroen 2CV tahun 1950 (ANTARA/Wikimedia Commons)


Versi awal mobil itu hanya bisa melaju dengan kecepatan puncak 60km/jam, kemudian terus dikembangkan dengan mesin baru 600cc yang bisa meraih kecepatan tertinggi 110km/jam.

Mobil itu dianggap legendaris karena dijual dengan harga terjangkau dan mayoritas menyasar kalangan menengah ke bawah di Prancis, misalnya kalangan petani dan pedagang. Hingga tahun 1982, mobil yang kemudian tersedia dalam beberapa versi, termasuk pikap dan sedan itu telah terjual 9,2 juta unit secara global.

Citroen 2CV jaga pernah muncul dalam edisi khusus Charleston untuk Piala Dunia 1986 dan versi warna kuning untuk film James Bond "For Your Eyes Only"

2CV untuk "Asterix & Obelix"
Citroen rancang kereta kayu 2CV untuk "Asterix & Obelix" (ANTARA/HO Citroen Global)


Citroen juga menjalin kerja sama dengan film legendaris "Astérix & Obélix: The Middle Kingdom" untuk merancang sebuah kendaraan konsep berbentuk kereta kayu.

Berbeda dari kerja sama pada umumnya di mana pabrikan menyediakan sederet mobil untuk dikendarai para aktor, pada kemitraan untuk film yang tayang Februari 2023 itu Citroen harus merancang sebuah kereta kayu yang menggunakan basis mobil lawas era 1950-an Citroen 2CV.

Kereta kayu itu dirancang selama 1 tahun untuk pembuatan konsep dan sketsa. Sedangkan pembuatan kereta kayu secara fisik dirampungkan dalam waktu tiga bulan.

Kereta konsep itu dibuat dengan nuansa era Romawi, yakni menggunakan bahan kayu, roda dari perisai bekas, dan nyala lampu yang bersumber dari cahaya kunang-kunang.

Baca juga: Citroen munculkan teaser e-C3 jelang peluncuran di India

Baca juga: CEO Citroen perkirakan kejayaan SUV akan hilang saat tren ev berjalan

Baca juga: Citroen rancang kereta kayu 2CV untuk "Asterix & Obelix"



Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023