Jakarta (ANTARA) - Perusahaan penyedia baterai motor listrik SWAP Energi Indonesia berkolaborasi dengan pabrikan baterai listrik lokal PT International Chemical Industry (Baterai ABC Lithium) guna mempercepat penyediaan baterai untuk penggunaan motor listrik.

Dalam siaran pers yang diterima pada Kamis, SWAP Energi Indonesia menyatakan Baterai ABC berperan penting dalam mendukung transisi penggunaan kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Saat ini, Baterai ABC telah berpartisipasi dalam percepatan penggunaan EV dengan memproduksi cell cylindrical maupun dalam bentuk baterai pack.

Marketing Director PT International Chemical Industry (Baterai ABC Lithium) Hermawan Wijaya mengatakan mereka sudah membuat baterai motor listrik sejak 2019. Meski pandemi menjadi salah satu tantangan dalam memproduksi baterai motor listrik, namun mereka akhirnya bisa membuat perangkat penyimpan energi tersebut mulai tahun ini.

Hermawan menambahkan, bahan yang digunakan dalam pembuatan baterai motor listrik ABC adalah Lithium Ferro Phosphate. Material itu dipilih ABC karena bahan yang tidak mudah terbakar serta punya daya tahan yang lebih lama.
SWAP Energi gandeng Baterai ABC percepat penggunaan motor listrik (ANTARA/HO)


Irwan Tjahaja, founder PT SWAP Energi Indonesia, mengatakan kerja sama antara SWAP Energi dan PT International Chemical Industry (Baterai ABC Lithium) akan mempercepat produksi dan penyediaan baterai berkualitas untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara motor listrik di Indonesia.

Dalam praktiknya, melalui mekanisme top up kuota perjalanan berbasis kilometer, pengendara dapat menikmati kemudahan menukar baterai berkali-kali dalam sehari tanpa dikenakan biaya. Hanya dengan 9 detik, pengendara sudah mendapatkan baterai yang penuh untuk melanjutkan perjalanan kembali dengan motor listrik.

Dengan demikian, proses penukaran SWAP baterai dapat dilakukan secara gratis dan pengendara motor listrik tak perlu khawatir karena terdapat garansi baterai seumur hidup.

SWAP juga menyediakan lebih dari 400 titik SWAPPoin melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, dan Shell di area Jabodetabek. Adapun di Bali, terdapat puluhan SWAPPoin di jaringan Circle-K.

SWAPPoin dapat ditemukan melalui aplikasi SWAP Energi. Aplikasi SWAP Energi juga bisa untuk memeriksa kondisi motor, booking baterai, mematikan motor dari jarak jauh sebagai salah satu sistem keamanan.
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022