Jakarta (ANTARA News/Automotive News) - Mobil sedan sport ATS dipamerkan dalam pameran mobil Detroit. ATS adalah mobil mewah kecil pertama sejak Cimarron pada 1980-an.

Cimarron gagal tetapi eksekutif General Motors percaya ATS dapat membuatkan Cadillac satu pembangkit di pasar mewah.

Roda-belakang ATS akan mulai dijual pada paruh kedua 2012. ATS akan bersaing dengan BMW seri 3 menjadi sedan mewah terlaris di Amerika Serikat dan dunia, serta melawan Audi A4, Mercedes kelas C dan sedan mewah kecil.

"ATS bertujuan untuk mengubah status quo dari segmen pasar yang didominasi Eropa," kata Wakil Presiden Pemasaran Cadillac Don Butler dalam sebuah pernyataan.

Hujan kritik mengguyur Cadillac dalam beberapa tahun terakhir karena tampak ironis sebuah brand besar yang dulu dikenal sebagai produsen sedan raksasa meluncurkan mobil kecil. Namun segmen mobil kompak sangat penting dalam pasar mewah global karena volume dan peran entry point untuk pembeli muda.

"Semua pembuat mobil mewah akan memiliki sepotong kue segmen mobil kompak karena volumenya sangat besar," kata Kepala Konsultan Analytics Inc. 2953 Detroit Jim Hall. "Cadillac akan berada disana."

ATS akan ditempatkan di bawah sedan menengah laris CTS. Hall mengatakan ATS dapat melampaui penjualan CTS sebagai pemimpin volume Cadillac.

Cadillac menyebutkan desain eksterior ATS sebagai seni-dan- sudut garis dan tepi tajam, dengan sempit, menyapu kembali lampu LED. Hampir 4 inci lebih panjang dari sedan BME Seri-3 dengan sikap yang luas.

Desain Interior, ATS menggunakan serat karbon dan kayu untuk menawarkan teknologi baru Cadillac bahwa fitur antarmuka dengan layar sentuh 8-inci memungkinkan pengguna menyentuh pada layar sebanyak yang dilakukan pada ponsel pintar.

ATS akan dibuat di pabrik GM di Lansing, Michigan, bersama dengan coupe CTS, sedan, dan wagon. Seorang sumber industri mengatakan GM akhirnya akan membangun sebuah coupe ATS dan mungkin convertible.

ATS akan menjadi kendaraan pertama dengan mesin turbocharged empat silinder mesin 2,0-liter yang menempatkan 270 hp dan torsi 260-feet. GM berencana menggulirkan mesin ke model lain.

Mesin lainnya seperti 3,6-liter V-6 digunakan pada CTS dan SRX, dan mesin 2.5-liter mendukung mesin empat silinder. Mereka akan digabungkan dengan enam kecepatan transmisi otomatis dan manual. All-wheel-drive akan menjadi pilihan.

ATS dapat menghidupkan kembali penjualan Cadillac, yang telah kehilangan momentum pada tahun lalu dan setelah kembali menguat pada 2010. Fenomena itu membuat pertumbuhan Cadillac tercepat di Amerika Serikat '. Penjualan Cadillac naik 4 persen pada 2011, tetapi turun 3 persen pada Desember, sedangkan industri naik 10 persen pada tahun ini.

Perlambatan itu karena kelangkaan produk. GM melewati sedan DTS dan STS pada tahun lalu untuk membuat jalan bagi XTS. Cadillac hadir dengan tiga kendaraan di lineup: CTS, SRX crossover dan SUV Escalade.

ATS memberikan kita sebuah momentum dan memberi kita sesuatu untuk bersaing di segmen itu," kata Seorang wakil presiden Greg Heath yang mengawasi penjualan Cadillac di Christopher Markus Auto Center di Ontario, California

"Kami telah menunggu dalam waktu yang lama." (adm)
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012