Solo (ANTARA News) - Mobil Kiat Esemka karya anak SMK di Solo telah "banjir" pesanan dari berbagai pihak di seluruh Indonesia.

"Di awal kehadirannya di tanah air, mobil Esemka ini telah `banjir` pesanan hingga ratusan unit,  bahkan bisa mencapai ribuan nantinya," kata Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Joko Sutrisno di Solo, Minggu.

Pernyataannya tersebut disampaikannya pada acara penandatanganan berita acara pemesanan mobil Esemka sebanyak 40 unit oleh Kosgoro 1957 dan dihadiri oleh Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, dan Wakil Sekjen Kosgoro 1957 Leo Nababan.

Joko menjelaskan, sebagian besar pemesan berasal dari pemerintah daerah, kepala smk dan pihak lainnya.

Dia menjelaskan, mobil Kiat Esemka yang dipesan sebagian besar berjenis SUV. "Ada dua jenis mobil yakni SUV dan pick up namun yang sudah banyak dipesan jenis SUV," katanya.

Sementara itu, Wakil Sekjen Kosgoro 1957 Leo Nababan menjelaskan pihaknya membeli sebanyak 40 unit untuk dikirim ke seluruh Indonesia.

"Dengan demikian ,kami ingin memberi inspirasi bagi daerah agar mau membeli mobil ini dan membuktikan bahwa pihak kami menghargai karya anak bangsa," katanya.
(W004)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012