Seoul (ANTARA) - Renault mengatakan akan menjual lebih dari sepertiga unitnya di Korea ke Geely Automobile Holdings China, bermaksud mengalihkan modal pembuat mobil Prancis itu untuk berinvestasi di pasar domestik dan bisnis listriknya yang tertinggal.

Renault berada di tengah-tengah rencana perubahan haluan multi-tahun yang bertujuan untuk meningkatkan margin keuntungan dan memecah bisnis kendaraan listrik (EV) dan mesin pembakaran karena berusaha mengejar saingan seperti Tesla dan Volkswagen dalam perlombaan menuju berkendara yang lebih bersih.

Langkah untuk menjual 34 persen saham di Renault Korea Motors seharga 264 miliar won (207 juta dolar AS) terjadi beberapa minggu setelah media melaporkan bahwa Renault, pemegang saham teratas di Nissan Motor, dapat mempertimbangkan untuk menurunkan sahamnya di perusahaan Jepang.

Renault Korea Motors akan menerbitkan 45,4 juta saham dengan harga 5.818 won per saham ke unit Geely, Centurion Industries Ltd, kata kedua perusahaan dalam sebuah pernyataan, Selasa.

Renault memiliki 80 persen dari unit tersebut pada akhir tahun lalu. Sisanya dimiliki oleh perusahaan kartu kredit Samsung Card, yang mengatakan pada Desember bahwa mereka bermaksud untuk menjual sahamnya di unit tersebut tetapi tidak ada rincian yang diputuskan.

Geely dan Renault mengumumkan kemitraan pada Januari untuk mengembangkan jajaran kendaraan hibrida untuk pasar Korea Selatan dan luar negeri, yang diproduksi di pabrik Renault di Busan.

Pasar Korea Selatan, yang didominasi oleh juara lokal Hyundai Motor dan Kia Corp, terkenal sulit ditembus oleh pembuat mobil termasuk General Motors dan SsangYong Motor, yang sekarang dimiliki oleh Mahindra & Mahindra India. (1 dolar AS = 1,274,3600 won)


Baca juga: Geely China akan beli 34 persen saham di Renault Korea 207 juta dolar
Baca juga: Renault pertimbangkan kepemilikan saham mayoritas di Lada Rusia
Baca juga: Renault menangguhkan pabrik di Moskow, menyesuaikan prospek 2022
Baca juga: Geely bangun pabrik baru demi target penjualan 2juta mobil

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022