Jakarta (ANTARA News) - Astra Daihatsu Motor (ADM) akan terus menambah kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan konsumen seiring dengan diluncurkannya mobil Daihatsu All New Xenia berbarengan dengan All New Avanza yang diproduksi pabrik ADM.

"Kami terus menambah kapasitas produksi dengan membangun pabrik baru mulai tahun depan, tapi itu masih butuh waktu lama. Jadi, sementara kami maksimalkan pabrik yang ada saat ini," kata Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor Sudirman MR saat peluncuran mobil Daihatsu All New Xenia di Jakarta, Rabu.

Menurut Sudirman, kapasitas pabrik ADM saat ini dinaikkan menjadi 360.000 unit atau tumbuh sekitar 20 persen dibandingkan tahun lalu yang tercatat 300.373 unit, antara lain melalui penambahan rata-rata jam kerja dua jam per hari.

Solusi menggenjot produksi itu dilakukan, karena untuk memesan mesin cetak body ke luar negeri untuk membangun pabrik baru membutuhkan waktu sekitar 2,5 tahun.

"Kondisinya sekarang seperti itu, kapasitas produksi kita yang mengejar permintaan," kata Sudirman.

Meski begitu, Sudirman optimistis, varian baru Xenia itu bakal mengikuti seri pertama sebelumnya yang laris di pasaran sejak diperkenalkan pada 2004 lalu.

Sementara itu, CEO PT Astra International-Daihatsu Sales Operation Suparno Djasmin dalam kesempatan itu mengatakan, kehadiran kendaraan tujuh seat itu merupakan komitmen Daihatsu dalam memenuhi harapan pelanggan untuk memiliki kendaraan keluarga impian yang keren, nyaman, irit, dan bernilai tinggi.

Xenia generasi kedua, lanjutnya memang berubah total baik eksterior dan interior dari model sebelumnya dengan dimensi body yang lebih besar dan lebih aerodinamis sehingga tampilan lebih keren dan elegan.

Pada bagian interior, All New Xenia juga mengalami perubahan, antara lain kabin depan atau dashboard memiliki dua tone color yang membuat All New Xenia semakin mewah sekelas MPV Premium, serta dilengkapi double blower, yang membuat All New Xenia semakin nyaman dikendarai.

Dari sisi performa juga berubah dengan fitur keamanan yang baru, seperti sabuk pengaman di baris ketiga membuat All New Xenia semakin aman dikendarai. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya pun makin irit dengan adanya power steering.

All New Xenia memiliki empat varian yakni D dan M untuk mesin 1000 CC, varian X dan R untuk mesin kapasitas 1.300 CC. Tersedia juga varian transmisi otomatis untuk tipe R. Diyakini, dengan delapan pilihan warna yang menarik, All New Xenia diprediksi akan meneruskan kesuksesan yang telah diraih generasi pendahulunya.

"Dengan spesifikasi yang baru, kami optomis All New Xenia akan terjual lebih dari 7.000 unit per bulan," kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra.

Dikatakan, Daihatsu saat ini memiliki 179 outlet di seluruh Indonesia yang melayani kebutuhan pelanggan dalam hal pembelian kendaraan baru, perbaikan, dan suku cadang. Selain itu, kata Amel, Daihatsu didukung 2.600 part shop sehingga pelanggan dapat jaminan pelayanan purna jual yang optimal.

"Dengan konsep pelayanan We Care for You Better, semua outlet Daihatsu siap melayani pelanggan sehingga mereka tenang dan nyaman berkendara," tambah Suparno.

All New Xenia dijual dengan harga paling murah (untuk tipe D mesin 1000 cc) Rp126,6 juta.

(ANTARA)
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011