Jakarta (ANTARA) - Komunitas pecinta kereta api Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) telah merestorasi lokomotif uap Seri B2207 buatan tahun 1898 sebagai upaya melestarikan sejarah perkeretaapian di Tanah Air.

"Pada hari ini IRPS sudah berhasil merestorasi lokomotif B2207 yang ada di Bumi Perkemahan di sini, yang nanti harapannya bisa menjadi salah satu alat bantu edukasi terhadap generasi muda karena ini memang cukup bersejarah," ujar Asisten Manager Eksternal PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Kamtono, Rabu.

Kamtono mengapresiasi upaya IRPS yang bekerja sama dengan Buperta Cibubur melestarikan lokomotif bersejarah yang berada di kawasan Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur itu.

Dia berharap ke depan IRPS maupun komunitas pecinta kereta api lainnya bisa melakukan kegiatan serupa di berbagai daerah agar sejarah perkeretaapian bisa terus terjaga.

Baca juga: Jawa Barat gelar wisata sejarah jalur kereta api, khusus turis asing

Ketua IRPS Ricki Dirjo mengatakan program preservasi lokomotif uap seri B2207 dilakukan sebagai bagian dari visi komunitas dalam menjaga aset-aset kereta api di Indonesia yang memiliki nilai sejarah panjang.

Lokomotif uap seri B2207 dulunya dimiliki oleh perusahaan kereta api swasta pertama di Hindia Belanda yaitu Nederlandsch Indische Spoorweg-Matschappij (NIS) dan berdinas di jalur utama Semarang - Surabaya untuk angkutan penumpang maupun barang.

Setelah Indonesia merdeka dan terjadi modernisasi perkeretaapian, lokomotif buatan Jerman tersebut berdinas di jalur cabang.

Lokomotif yang pernah dimiliki oleh Dipo Lokomotif Kudus tersebut didatangkan ke Buperta Cibubur oleh Ibu Negara Hj Siti Hartinah Tien Soeharto pada 1973.

Ricki menuturkan bahwa seiring berjalannya waktu, lokomotif uap berbobot 25 ton tersebut mengalami kerusakan dan pengeroposan. Sebelum dilakukan preservasi, kata dia, lokomotif tersebut dipenuhi karat hingga tumbuhan liar.

Baca juga: PT KAI kenalkan sejarah kereta lewat kunjungan jurnalis

"Bentuknya secara fisik masih sama tapi kondisinya itu sudah karatan, keropos, dan ditumbuhi oleh tanaman liar, jadi tidak terurus. Jadi kami restorasi paling tidak tampilan fisiknya dulu sebagai bukti kalau komunitas ini, kami peduli dengan sejarah kereta api yang ada di lokomotif ini," kata Ricki.

Program preservasi dilakukan sejak pertengahan Februari 2022. Adapun biayanya diperoleh dari hasil iuran anggota komunitas.

Ricki berharap dengan telah selesainya pemeliharaan lokomotif uap B2207, masyarakat akan semakin antusias untuk melihat sekaligus mempelajari sejarah perkeretaapian.

"Semoga ini bisa menjadi magnet baru untuk teman-teman atau wisatawan yang berkunjung ke sini ternyata ada lokomotif yang sekarang bentuknya sudah bagus dan bukan hanya sebagai sarana foto-foto tetapi juga bisa mengedukasi masyarakat," pungkas dia.

Sementara itu, Kepala Buperta Cibubur Ermadi berharap kerja sama dengan IRPS bisa terus berlanjut.

Dia mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan fasilitas berupa ruangan kepada IRPS untuk memudahkan mereka dalam mengedukasi masyarakat tentang sejarah lokomotif uap seri B2207 yang ada di Buperta Cibubur.

"Saya harapkan juga ini sebagai edukasi untuk generasi muda di bumi perkemahan ini. Nanti akan ada petunjuk dari IRPS yang akan memberikan keterangan-keterangan tentang sejarah lokomotif uap ini," ucap Ermadi.

IRPS merupakan komunitas pecinta kereta api yang memusatkan perhatian dan kegiatannya pada penyelamatan dan pelestarian aset perkeretaapian Indonesia yang bernilai sejarah. Komunitas yang berdiri pada 2004 itu telah memiliki sekitar 250 anggota yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Sawahlunto minta Kemenpar hidupkan loko kuno "Mak Itam"

Baca juga: Kereta uap kuno akan dioperasikan di Solo tahun depan

Baca juga: 1.000 orang kunjungi Museum Ambarawa saban hari
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022