Jakarta (ANTARA) - Empat perusahaan meliputi Smoot Motor, SWAP Energi, Grab dan PLN menjalin sinergi untuk membangun ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi di pasar otomotif Indonesia, guna mendukung rencana pemerintah dalam mengurangi emisi karbon sebanyak 41 persen pada 2030.

"Kerja sama ini merupakan langkah awal dari inovasi yang dapat diperluas dan dikembangkan guna saling memperkuat value dan manfaat bagi penguatan ekosistem kendaraan bermotor listrik di Indonesia. Upaya ini untuk mengalihkan energi berbasis impor ke energi domestik, dari energi fosil ke energi terbarukan," ungkap Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN dalam sambutannya di Jakarta, Senin.

Kerja sama yang dilakukan oleh keempat perusahaan diharapkan mampu menghasilkan kendaraan ramah lingkungan dengan harga terjangkau untuk digunakan masyarakat secara luas.

"Kami (PLN) juga sependapat bahwa kolaborasi dengan Smoot, SWAP dan Grab merupakan bagian dari rencana Infrastruktur Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Nasional Dua Roda dalam rangka percepatan adopsi kendaraan listrik melalui konversi Energi Berbasis Import BBM ke Motor Listrik," jelas dia.

Grab Indonesia pun menyatakan bahwa sinergi itu menjadi salah satu cara mereka dalam mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik. Sejak 2019, Grab kini memiliki 8.500 kendaraan listrik yang didominasi kendaraan roda dua. Tidak hanya itu saja, hadirnya ekosistem itu juga diyakini membuka peluang baru bagi para mitra pengemudi, sebab Grab menyediakan kendaraan dengan skema sewa.

"Sinergi antara pelaku bisnis yang hadir pada kesempatan hari ini merupakan langkah strategis karena masing-masing memiliki peran penting dalam mendukung percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik, mulai dari penyediaan armada dan infrastruktur, hingga pengoperasian," kata President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata di lokasi yang sama.

"Hal ini juga sejalan dengan salah satu fokus Pemerintah pada perhelatan G20 Presidensi Indonesia, yaitu transisi energi. Kami menargetkan menghadirkan total 14.000 armada kendaraan listrik pada akhir tahun ini sebagai upaya mendorong perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanah air," tambah dia.

Baca juga: Kementerian ESDM dorong produk lokal pada konversi motor listrik

Baca juga: Presiden Jokowi ingin jadikan Indonesia pemain penting mobil listrik


Varian kendaraan listrik

Produsen motor listrik Smooth Motor akan memenuhi berbagai kebutuhan kendaraan listrik yang nantinya digunakan pengendara Grab melalui varian Tempur.

Varian itu merupakan kendaraan listrik roda dua yang sudah dilengkapi sistem tukar baterai dari SWAP. Driver Grab kini tidak perlu lagi melakukan proses pengisian baterai berjam-jam atau takut kehabisan baterai di jalan. Cukup tukar baterai di titik penukaran (SWAP Poin) terdekat untuk melanjutkan perjalanan.

SWAP juga telah menyediakan lebih dari 400 titik SWAP Poin yang telah tersebar melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, dan Shell untuk area Jabodetabek.

Dan di Bali, puluhan SWAP Poin telah tersebar di berbagai titik strategis hasil kerjasama dengan Circle-K. SWAP Poin dapat dengan mudah ditemukan melalui Aplikasi SWAP Energi.

Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia dan SWAP Energi Indonesia, Irwan Tjahaja mengatakan bahwa Smoot dan SWAP menyambut baik kolaborasi nyata dengan Grab dan PLN. Saya berharap ekosistem dari SWAP Energy dan Smoot dapat berkontribusi terhadap pengurangan polusi udara di Indonesia.

"Dengan beralih ke ekosistem SWAP yang ramah lingkungan serta terintegrasi dengan aplikasi pintar, driver Grab dapat mencari SWAP Poin terdekat, sehingga dapat melakukan pengiriman lebih jauh tanpa perlu khawatir kehabisan baterai serta dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari," kata dia.

Selain untuk menemukan SWAP Poin terdekat, Aplikasi SWAP Energi yang terhubung ke Smoot Motor Listrik juga memiliki berbagai fitur seperti cek kondisi motor, booking baterai, hingga dapat mematikan motor dari jarak jauh sebagai salah satu sistem keamanan.

Melakukan kerja sama dengan PLN, SWAP Energi juga akan memperluas jaringan SWAP Poin dengan menambahkan semakin banyak lagi titik strategis untuk pemilik Motor Listrik Smoot dan kedepannya untuk merek motor listrik lainnya.

Baca juga: Gojek kolaborasi Santomo hadirkan motor listrik perdana di KTI

Baca juga: PT Santomo targetkan 100.000 unit motor listrik 2030

Baca juga: PLN terus tambah SPKLU untuk dukung ekosistem kendaraan listrik
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022