Jakarta (ANTARA News) - Suzuki pada hari Senin mengemukakan niat untuk mengakhiri dua tahun aliansi bersama Volkswagen. AFP melaporkan keinginan Suzuki itu karena tidak tercapainya kesepakatan soal cara kerjasama tersebut.

Dalam pernyataan Suzuki ke Tokyo Stock Exchange, pembuat kendaraan asal Jepang itu mengemukakan telah meminta Volkswagen untuk mengakhiri aliansi modal dan bisnis serta minta  Volkswagen melepas saham di Suzuki.

"Ini mirip perceraian," kata bos Suzuki Osamu Suzuki dalam konferensi pers, Senin. "Daripada saling mencari kekurangan, lebih baik saling senyum dan saling berkata kita tak jodoh."

Hubungan mereka makin buruk, terlebih satu hari sebelum keputusan itu, Volkswagen mengirim surat dugaan adanya pelanggaran kesepakatan sehubungan Suzuki menerima mesin diesel buatan Fiat.

Suzuki memutuskan untuk "membatalkan kemitraan bisnis dan ikatan permodalan dengan Volkswagen AG karena khawatir akan sulit mencapai tujuan perusahaan kami terkait kemitraan bisnis."

"Kami akan minta Volkswagen AG untuk melepas saham mereka di Suzuki berkaitan dengan keputusan perusahaan kami," tulis pernyataan tersebut. Suzuki juga akan melepas saham mereka di Volkswagen.
(A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011
  • Tags