Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Indonesia telah menetapkan status PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di beberapa wilayah Indonesia guna menekan angka penyebaran COVID-19 varian Omicron bisa dijadikan kesempatan untuk membersihkan kendaraan yang lama tidak digunakan karena adanya pembatasan pergerakan.

Dalam hal ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam laman resminya, Kamis memberikan lima langkah mudah untuk menjaga dan juga membersihkan kendaraan agar tampil selalu menarik serta kondisi yang prima saat kembali digunakan sehari-hari. Berikut:
 
1. panaskan mobil
 
Memanaskan mesin mobil secara teratur paling tidak sesekali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki mobil. Sebab, mobil yang tidak dipakai dapat mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya.

Baca juga: Empat penyebab macetnya rem pada kendaraan

2. periksa tekanan angin pada ban
 
Menjaga tekanan angin ban dengan menambah sekitar 5 persen dari tekanan angin normalnya. Sahabat juga dianjurkan untuk menggerakkan kendaraan maju–mundur ketika sedang memanaskan mesin agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu merata, dan mencegah kerusakan flat spot pada ban.
 
3. Aktifkan rem parkir
 
Aktifkan Rem parkir dan Transmisi di posisi P (Parking) khusus pada mobil Matic sekalipun kendaraan berada di bidang jalan yang rata. Hal ini diperlukan demi keamanan, dan mencegah mobil bergerak ketika sedang diparkir, khususnya dalam waktu yang lama.

4. Selalu jaga kebersihan mobil

Jaga kebersihan mobil dengan mencuci sisi eksterior dan interior secara berkala. Pastikan tidak ada sisa makanan atau kotoran untuk menghindari adanya virus atau bakteri yang akan berkembang dan menempel khususnya di dalam mobil .
 
5. Lokasi parkir
 
Parkir kendaraan di tempat yang tepat seperti garasi rumah menjadi pilihan terbaik. Namun, bagi Sahabat yang memiliki keterbatasan lahan, pastikan mobil diparkir di area yang tidak terkena matahari secara langsung atau di bawah pohon karena dapat membuat cat mobil mudah pudar dan kusam. Pastikan lokasi parkir juga aman dan mudah dipantau, bila perlu tambahkan juga kunci ganda pada kendaraan.
 
"Semoga tips ini dapat membantu Sahabat dalam menjaga dan merawat mobil Daihatsu kesayangannya selama masa perpanjangan PPKM agar tetap dalam kondisi yang baik ketika akan digunakan kembali," tutup People Development Department Head – Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Ben Faqih.
 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022