Jakarta (ANTARA News) - Lelah dengan carut-marutnya lalu lintas Jakarta? Jika demikian, Anda tak lama lagi boleh menarik napas lega, karena mulai September ada layanan info  lalu lintas berbasis GPS tracking untuk wilayah ibukota.

IQIOS, penyedia jasa pelacakan berbasis GPS bekerja sama GEWI Europe, perusahaan penyedia software data lalu lintas yang berbasis di Jerman, akan menyediakan informasi kemacetan lalu lintas di Jakarta dan menyajikannya melalui melalui perangkat GPS, audio mobil, dan telepon selular pintar yang digunakan pengemudi.

Dengan informasi yang disajikan secara 'real time' itu, pengendara diharapkan bisa menghindari jalan-jalan yang macet dan dipandu untuk mengambil jalur alternatif menuju tempat tujuan mereka.

"Dengan data seperti ini pengemudi bisa terhindar kemacetan yang sudah lazim terjadi di Jakarta," kata Hermawan Sutanto, Direktur IQIOS saat ditemui di sela-sela Indonesia International Motor Show 2011, Sabtu.

Setelah meluncurkan layanannya untuk wilayah Jakarta tahun ini, IQIOS berencana menyajikan informasi serupa meliputi wilayah Bekasi, Bogor, Depok, dan Tangerang pada 2012.

Sementara pada 2013 layanan itu juga akan menyediakan informasi lalu lintas di wilayah Surabaya dan Bandung.

IQIOS mengklaim layanannya sebagai layanan info lalu lintas berbasis GPS pertama di Indonesia.

Kemacetan sendiri menjadi momok tersendiri bagi Jakarta. Dinas perhubungan provinsi DKI Jakarta, berdasarkan hasil studi evaluasi biaya kemacetan lalu lintas pada tahun 2010, mencatat kerugian akibat kemacetan lalu lintas di Jakarta mencapai lebih dari Rp. 45 triliun.(Ber)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011