Jakarta (ANTARA News) - seorang penemu India sesumbar bisa membuat mobil terbang jadi kenyataan. "Bahan dasar" -nya adalah hatchback maruti 800 cc yang dipasangi baling-baling rotor di atap dan bagian ban diganti dengan  "vacuum section".

Kendaraan itu jadi salah satu bintang di Aero India 2011 di Bangalore.

Maruti adalah kendaraan  asal India yang pada tahun 80'an dibuat oleh Suzuki. Kendaraan itu jadi dasar bagi mimpi sang penemu, AK Vishwanath (52).

Sudah 16 tahun dia mengerjakan Maruti Terbang itu dan kendaraan itu katanya bisa naik tegak lurus (vertical lift-off) dan sudah mengujicoba di terowongan angin.

Sejauh ini AK Vishwanath sudah menghasilkan 40 hak paten. Inspirasinya antara lain dari kemampuan terbang lebah.

Dia menjelaskan, awalnya kendaraan itu menggunakan generator listrik dan mesinnya memompa "aliran energi" untuk lift-off dan terbang menjelajah.

Vishwanath memberi nama perusahaannya B'Lorean, berasal dari "B" untuk tempat asalnya, Bangalore, dan mobil sport DeLorean yang terkenal dalam film Back To The Future.

Sayangnya, Maruti Terbang itu belum benar-benar terbang sehingga banyak orang skeptis. Kendaraan itu belum boleh mengudara hingga punya sertifikat dari Dirjen Penerbangan Sipil India (DGCA).

Vishwanath mengatakan sudah beberapa perusahaan mendatanginya untuk membiayai proyek itu namun dia bilang "Bicara bisnis hanya setelah semua rancangan di kertas kerja beres."
(A038/A038/BRT)


Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011