Jakarta (ANTARA News) -  Bisakah minivan punya citra sebagai kendaraan tongkrongan keren?  Pabrik mobil di Amerika Serikat sedang berusaha mati-matian untuk memperbaiki citra  "mobil ibu-ibu" itu.

Seperti dilaporkan New York Times, iklan minivan kini menggunakan  lagu heavy metal, orang tua yang ngerap, agen rahasia bertopeng kucing, kembang api, bahkan Godzilla.

Toyota kini berada di urutan terdepan dalam memasarkan minivannya,  Sienna. Honda juga sedang gencar dengan Odyssey. Penemu kelas minivan, Chrysler, juga ancang-ancang dengan Dodge Grand Caravan. Mereka bahkan menjuluki produk baru itu"man van".

Ford, yang terakhir kali membuat minivan tahun 2006, kini kembali lagi dengan C-Max, kendaraan untuk tujuh penumpang.

Jika sebelumnya minivan dibuat "child-friendly", misalnya lewat dual-screen entertainment system dan kursi yang bisa diubah-ubah, kita pabrikan mobil mencitrakan minivan dengan laki-laki. Hampir semua merk pada tahun 2010 membuat minivan yang makin berkilau, dengan teknologi canggih, dan lebih sporty.

Toyota Sienna bintik telah menjadi sensasi web. Iklannya  menarik lebih dari 7,8 juta pengunjung di  YouTube.

Penjualan  Sienna naik  18,5 persen per  November tahun lalu. Penjualan Honda Odyssey  naik 42 persen sejak Oktober setelah  iklan baru untuk model 2011.

Chrysler baru akan mulai pengiriman versi terbaru dari Town & Country dan Dodge Grand Caravan untuk dealer bulan Desember  namun penjualan mereka naik bahkan sebelum iklan gencar.

Di Amerika Serikat, minivan  hanya meraup 4 persen dari  seluruh penjualan kendaraan baru tapi jenis crossover meraup 20 persen. Pada masa jayanya yaitu tahun 2.000, minivan meraup 1,37 juta pembeli. Tahun lalu cuma 450 ribu unit.
(A038/A038/BRT)
Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011