Jakarta (ANTARA) - Honda Odyssey pada tahun 2020 telah berusia 25 tahun dan sepanjang kiprahnya tersebut mobil keluarga itu telah hadir dalam lima generasi.

Honda dalam siaran pers pada Selasa (27/10) menyebutkan, Odyssey pertama kali diperkenalkan dengan desain kursi tiga baris serta menggunakan penggerak Four Wheel Drive (4WD). Sedangkan di tahun 1997, mobil ini mulai mengadopsi mesin 3.0L V6 J30A dan menyematkan fitur sunroof khusus untuk tipe L dan Aero.

Di Eropa, generasi pertama Honda Odyssey dikenal dengan nama Honda Shuttle.

Pada akhir tahun 1999, Honda Odyssey generasi kedua hadir dengan dimensi yang lebih besar dari sebelumnya. Mobil itu diproduksi untuk pasar Jepang dan Australia, serta bersetir kiri untuk pasar China.

Honda Odyssey generasi kedua memiliki dimensi, bumper, dan front grille yang lebih besar serta memiliki aksen chrome.

Baca juga: Honda tarik 241.000 Odyssey karena masalah kabel

Baca juga: Honda siapkan paket khusus Odyssey rayakan 25 tahun produksi

 
Honda Odyssey Generasi 3 (ANTARA/HO)


Mobil itu menggunakan mesin 2.3L pada model RA6 (2WD) dan RA7 (4WD). Sementara itu, mesin berkapasitas 3L digunakan pada model RA8 (2WD) dan RA9 (4WD) berjenis Prestige dan Absolute.

Pada tahun 2000, Honda Odyssey menjadi mobil Honda pertama yang menggunakan transmisi otomatis lima percepatan dengan mesin 3L.

Generasi ketiga Honda Odyssey mulai dipasarkan di Jepang pada Oktober 2003, dan menyusul ke Australia dan beberapa negara lainnya pada awal 2004. Khusus di Jepang, Honda Odyssey juga telah dibekali fitur Cruise Control.

Honda Odyssey didukung mesin i-VTEC berkapasitas 2,4L dengan tenaga maksimal 160 PS. Versi penggerak 4WD hadir dengan transmisi otomatis, sedangkan versi 2WD menggunakan transmisi CVT kecuali untuk tipe Absolute dan model ekspor lainnya.
 
Honda Odyssey Generasi 4 (ANTARA/HO)


Generasi keempat Honda Odyssey diluncurkan di Jepang pada Oktober 2008, dengan tetap mempertahankan mesin dan transmisi yang sama, namun tenaga lebih besar dengan konsumsi bahan bakar lebih irit.

Honda Odyssey itu menggunakan mesin 2.4L dan transmisi CVT dengan Torque Converter untuk penggerak FWD, dan transmisi otomatis lima percepatan untuk versi 2WD dengan tenaga 206 HP.

Pada September 2013, generasi terbaru Honda Odyssey diluncurkan secara global dengan konsep premium van. Selain mengusung desain yang lebih dinamis dan modern, perubahan paling mencolok terdapat pada desain pintu yang sebelumnya dibuka ke arah luar, kini menjadi pintu geser yang dibuka ke samping.

Sedangkan dari segi mesin, Honda Odyssey menggunakan mesin 2.4L VTEC dengan tenaga 175 PS dan torsi 225 Nm. Sementara untuk tipe Absolute, adanya fitur direct-injection semakin menambah tenaga Honda Odyssey hingga mencapai 190 PS dan torsi maksimal 237 Nm.
 
Honda Odyssey 2021 (ANTARA/HO)


Baca juga: Bermasalah "software", Honda "recall" Odyssey, Passport dan Pilot

Baca juga: Honda Odyssey 2021 beredar Agustus, ada lima varian

Baca juga: Honda Odyssey jadi armada pengantar pasien corona di Jepang
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020