Jakarta (ANTARA News) - General Motors (GM) pada hari Selasa mengemukakan rencana untuk mempekerjakan seribu insinyur dan peneliti untuk mobil listrik selama dua tahun ke depan.

Langkah tersebut seiring persiapan GM untuk pengiriman massal pertama dari mobil Chevrolet Volt pada bulan depan.

Produksi Mobil Volt dimulai pada awal bulan ini, sebagaimana dilaporkan oleh Free Press. Volt pertama rencananya akan disimpan di museum  Heritage Center  di Sterling Heights.Perusahaan itu akan melelang mobil Volt kedua.

GM pertama kali mengumumkan tentang pengembangan Volt di tahun 2007, ini berdasarkan desakan  dari mantan wakil Pemimpin, Bob Lutz yang ingin GM punya citra tertentu seperti Prius pada Toyota.

Mobil Volt memiliki jarak tempuh antara 40 KM hingga 80 km untuk paket baterainya sebelum beralih ke mesin bensin.

GM berencana membuat 10 ribu Volt di akhir tahun 2011 dan setidak-tidaknya 45 ribu pada tahun 2012. Utamanya, Mobil Volt akan di jual di California,New York,Wahington D.C,dan Austin,Texas.

Musim semi depan,Pasar itu akan meluas dan menyertakan Michigan, New Jersey, Connecticut dan sisa dari New York dan Texas.Dalam setahun setengah,GM berencana untuk menjual Mobil Volt diseluruh negeri.

Lapangan kerja untuk para insinyur itu memperkuat langkah GM setelah pada pertengahan Januari, pabrik itu mulai mempekerjakan lulusan kampus dan teknisi berpengalaman, untuk  fokus pada teknologi hijau, hybrid dan kendaraan listrik.Pada September, pembuat itu mobil telah menambahkan 200 insinyur  kelistrikan.
(yud/A038/BRT)
Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010