Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Lubricants, anak usaha BUMN migas PT Pertamina (Persero), meluncurkan program Enduro Peduli Lapas Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon, Sulawesi Utara, sebagai upaya membantu membangun kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak binaan lembaga pemasyarakatan (lapas).

Program tersebut menyasar Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) dan bertujuan untuk membangun jiwa kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan melalui bidang kewirausahaan perbengkelan.

"Program ini merupakan kepedulian dan kontribusi nyata dari PT Pertamina Lubricants dalam membantu para anak didik untuk dapat menjadi mandiri dan siap bersosialisasi kembali di tengah masyarakat," kata Sales Region Manager VII Pertamina Lubricants, Anang Yoyong Prayogo, dalam pernyataan pers, dikutip Kamis.

Melalui program ini Pertamina Lubricants memberikan bantuan berupa pendirian bengkel Enduro Express rintisan di area lapas dan sudah termasuk seluruh perlengkapan bengkel seperti toolkit, pakaian kerja, sepatu keselamatan, dan paket pelumas Pertamina.

Baca juga: PT Pertamina Lubricants beri pelatihan kepada kaum difabel di Semarang

Baca juga: Pertamina Lubricants pasarkan pelumas LCGC di Sumatera


Program Enduro Peduli Lapas Anak merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Lubricants di bidang pendidikan dan kewirausahaan yang memberikan pembinaan kepada Andikpas di LPKA Tomohon mengenai dunia otomotif sepeda motor dan ilmu kewirausahaan.

Anang Yoyong Prayogo menyampaikan terima kasih untuk Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon beserta seluruh jajaran atas sinergi ini.

"Kami berharap kerja sama ini berjalan dengan baik dan sukses dalam membangun masa depan yang lebih baik untuk para anak didik."

Ia juga mengimbau penghuni LPKA Tomohon untuk terus menjaga kesehatan dan tetap melaksanakan program dengan protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Pelaksanaan program Enduro Peduli Lapas Anak ini akan diselenggarakan selama satu bulan mulai 4 hingga 9 September 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 9 Andikpas. Program meliputi berbagai rangkaian pelatihan mulai dari pelatihan mekanik motor bekerja sama dengan Balai Pelatihan Tenaga Kerja (BPTK) Provinsi Sulawesi Utara, sosialisasi pengetahuan produk pelumas Pertamina dan sistem pelumasan kendaraan bermotor roda dua dan juga pelatihan kewirausahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara, Erni Tumundo, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PT Pertamina Lubricants SR VII yang sudah memilih Provinsi Sulawesi Utara untuk melakukan pelatihan ini.

"Terima kasih kepada PT Pertamina Lubricants atas kerja sama yang telah terbangun ini. Kami sangat bangga dapat terpilih untuk melaksanakan pelatihan bagi Andikpas. Kami mendukung penuh kegiatan yang sangat positif ini dan berharap ke depannya para peserta pelatihan dapat menjadi mandiri dan menjadi wirausahawan yang unggul di bidang perbengkelan. Semoga dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara," tuturnya.

Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon Marulye Simbolon juga menyambut baik program ini, karena sejatinya pembinaan bagi Andikpas dan warga binaan yang ada di LPKA Tomohon merupakan tanggung jawab bersama.

"Tentunya kami merasa sangat terbantu dengan program ini dan berharap dapat membantu membangun masa depan yang lebih cerah dan bermanfaat kelak setelah kembali bermasyarakat," katanya.

Baca juga: Pertamina Lubricants bantu korban banjir Karawang

Baca juga: Pertamina Lubricants gandeng Iyara dorong penjualan di Thailand

Baca juga: Pelumas Mobil Lubricants berstandar API SP sasar mobil keluaran baru

Pewarta: S026
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021