Jakarta (ANTARA) - Honda secara resmi telah menginformasikan bahwa kendaraan ramah lingkungan mereka Honda HR-V e:HV akan mulai dijual di pasar Eropa pada akhir 2021 setelah diperkenalkan di Jepang dan Eropa beberapa waktu yang lalu.

HR-V e:HV ini hadir dengan mesin bensin 1,5 liter Atkinson-cycle DOHC i-VTEC yang bekerja bersama dengan dua motor listrik dan baterai lithium-ion. Mesin ini menghasilkan tenaga hingga 129 hp dan torsi 186 lb-ft (253 Nm) dan memiliki fokus yang jelas pada efisiensi.

Dikutip dari CarsCoops, Kamis, faktanya, mobil ini memiliki kecepatan 5,4 lt/100km (43,5 mpg AS) pada siklus WLTP, memancarkan 122 g/km CO2 dan akan mencapai 62 mph (100 km/jam) dalam 10,6 detik.

Honda sudah menggunakan powertrain e:HEV di Jazz baru tetapi untuk HR-V, ia telah merevisi jumlah sel baterai dan meningkatkannya dari 48 menjadi 60 untuk memperhitungkan ukuran HR-V yang lebih besar.

HR-V e:HEV ini memiliki tiga mode berkendara, yakni Electric Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive. Mobil SUV ini secara otomatis berputar di antara mode tersebut, tergantung mana yang paling hemat bahan bakar pada waktu tertentu.

Misalnya, powertrain akan beroperasi dalam mode Engine Drive saat berkendara dengan kecepatan tinggi yang konstan di jalan raya dan jika akselerasi lebih lanjut diperlukan, seperti saat menyalip, mobil akan beralih ke Hybrid Drive untuk mendapatkan performa ekstra.

Honda HR-V e:HEV dapat dikendarai dalam model Sport, Econ, dan Normal. Pengemudi juga dapat memilih mode B-range dari transmisi yang menawarkan tingkat pemulihan energi yang dapat dipilih saat meluncur atau mengerem.

Di luar powertrain-nya, HR-V generasi baru ini menawarkan lebih banyak ruang daripada pendahulunya berkat fondasi yang baru. Interior juga telah diubah dan sangat mirip dengan kabin yang dimiliki oleh Honda Civic baru.

Baca juga: Honda & Rakutenuji coba robot pengiriman otomatis

Baca juga: Honda Brio tercatat jadi kendaraan terlaris di semester awal 2021

Baca juga: AHM segarkan Honda Beat Series dengan warna dan "striping" baru

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021