Jakarta (ANTARA) - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan pelatihan dan sharing teknologi otomotif terkini secara virtual kepada 100 guru SMK binaan se-Jawa Timur pada Jumat (23/7).

Pelatihan ini meliputi pengenalan fungsi, mekanisme kerja komponen, troubleshooting terhadap beberapa fitur modern yang ada di mobil Daihatsu, serta pengenalan fasilitas produksi Daihatsu dalam membuat kendaraan yang rendah emisi dan ramah lingkungan.

"Pelatihan ini merupakan salah satu komitmen dan kontribusi Daihatsu dalam meningkatkan link & match antara sekolah dengan dunia industri. Daihatsu berharap, para guru SMK dapat meneruskan pengetahuan ini kepada siswa di sekolahnya, sehingga para siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan siap terjun langsung ke dunia industri," ujar Section Head Service Training Department PT ADM, Aji Prima Barus Nurcahya, melalui keterangannya, Sabtu.

Ada pun beberapa fitur yang terdapat pada mobil Daihatsu adalah seperti A.S.A (Advanced Safety Assist), HSA (Hill Start Assist), Power Door Lock, Back Sonar, Emergency Stop Signal (ESS), Vehicle Stability Control (VSC), dan Around View.

Fitur keselamatan A.S.A disematkan pada Daihatsu Rocky, bekerja dengan menggunakan sensor yang terdapat pada stereo camera di kaca depan yang dapat mendeteksi objek di depan mobil, lalu memberikan peringatan apabila mobil dalam potensi bahaya, dan melakukan pengereman otomatis pada kondisi tertentu untuk meminimalisir dampak dari tabrakan.

Fitur Hill Start Assist dapat mencegah mundurnya mobil saat berada di tanjakan (stop & go) dengan memberi waktu beberapa detik untuk memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas sehingga pengemudi tidak khawatir mobil akan mundur.

Pada Power Door Lock, kunci pintu dapat mengunci secara otomatis ketika kecepatan tertentu. Back sonar, membantu pengguna untuk mengetahui posisi jarak mobil dengan objek luar di belakang mobil saat bermanuver mundur.

Pada Emergency Stop Signal (ESS); lampu hazard akan berkedip ketika mengerem mendadak, bertujuan memberi tanda pengemudi di belakangnya agar lebih berhati-hati, serta Vehicle Stability Control (VSC) yang berperan mencegah Over Steer dan Under Steer ketika berbelok sehingga aman saat berkendara.

Sedangkan Around View, dapat menampilkan gambar dari 360 derajat sudut kendaraan, sehingga tetap aman ketika parkir, serta membantu memudahkan pengendara ketika melewati dan berpapasan dengan pengendara lain di jalanan yang sempit.

Pada pelatihan ini, Daihatsu juga memperkenalkan teknologi pada fasilitas produksi Daihatsu yang comply hingga Euro 6, dan disesuaikan dengan regulasi kendaraan tiap negara.

Fasilitas ini merupakan komitmen Daihatsu dalam memproduksi mobil dengan emisi rendah, dan ramah lingkungan dengan menerapkan “Green Technology” melalui penggunaan Super Intelligent Catalyst, penerapan platform terbaru DNGA (Daihatsu New Global Architecture), serta material komponen yang ramah lingkungan.

Baca juga: Suzuki dan Daihatsu jalin kerja sama dengan aliansi EV Toyota

Baca juga: Daihatsu batasi kegiatan "offline", tingkatkan pemasaran digital

Baca juga: Daihatsu Rocky 1.000cc lebih laris dari varian 1.200cc
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021