Jakarta (ANTARA News) - Mini van konon sedang terancam oleh crossover yang setengah SUV dan setengah sedan, tapi beberapa pabrik tak juga berniat menghentikan kelahiran mini van baru.

Sudah beberapa tahun General motor dan Ford tak lagi membuat mini van berpintu geser, tapi sebaliknya Toyota melempar versi terbaru Mobil Sienna pada bulan Februari.

Chrysler, si pencipta minivan modern, merancang ulang Chrysler Town & Country dan Dodge Grand Caravan. Kia tengah memperbaharui Sedona-nya dengan yang lebih kecil tetapi lebih tangguh dan bermesin lebih efisien. Nissan menghentikan sementara minivan Quest karena bersiap memperkenalkan versi terbarunya tahun depan.

Honda tengah merancang ulang Odyssey-nya yang menjadi mini van terfavorit di AS dalam dua tahun terakhir.

Mini van versi baru itu menunjukkan perbaikan dalam fitur-fitur, luas ruang dan kemampuan hemat bahan bakar. Tapi, dinamika pengemudiannya jadi kompensasi, padahal kemampuan itu telah membuat Odyssey menjadi mini van paling sporty.

Generasi keempat dari odyssey, yang dijual mulai 30 September, menggantikan versi yang menjadi awal debut mobil itu di tahun 2005.

Mobil van baru itu merupakan yang pertama dikembangkan oleh tim mekanik Honda di AS - bermarkas di ohio - tapi pabriknya tetap di Alabama, tempat pembuatan model terdahulu.

Mobil model baru itu sedikit lebih panjang, lebih rendah dan lebih lebar. Terlihat lebih gaul, dan makin aerodinamis yang membantu menghemat bahan bakar.

Odyssey 2011 hadir dengan mesin V-6 3.5 liter yang memiliki 248 tenaga kuda atau 4 tenaga kuda lebih besar dibanding pendahulunya. Mesin V-6 dapat berfungsi meski hanya menggunakan 3 atau 4 dari 6 silindernya ketika kekuatan penuh belum dibutuhkan.

Oddysey baru itu hadir dengan tujuh varian dengan harga berkisar dari 28.580 dolar hingga 44.030 dolar.

Terdapat dua jenis transmisi, mulai dari enam kecepatan otomatis yang hadir hanya pada versi touring seharga (41.535 dolar) atau versi jajaran atas yang disebut Touring Elit seharga (44.030 dolar). Tingkatan lainnya memiliki lima percepatan yaitu: tipe basic LX, EX dan tida variasi dari EX-L - dimana L singkatan dari "leather" (kulit).

Odyssey dengan lima percepatan memiliki jarak tempuh yang lebih baik dari sebelumnya ( 2 mpg lebih di dalam kota, 4 mpg di jalan bebas hambatan ).

Model dengan enam percepatan mengalahkan Sienna dengan 1mpg di kota dan 4 Mpg di jalan bebas hambatan.

Tipe EX dengan transmisi 5 percepatan memiliki segalanya: kursi kulit, sunroof, kursi belakang bersistem hiburan dengan layar lipat berukuran 16 inci, sistem navigasi , ban berukuran 18 inci dengan sensor parkir, sistem audio premium dan sensor blind spot.

Fitur keamanan di semua odyssey menyertakan rem antilock, kendali elektronik untuk ketabilan, penahan kepala aktif dan enam air bag, termasuk kantong tirai di keseluruhan tiga baris untuk melindungi kepala pengguna dari benturan samping.

Interior baru memiliki beberapa fitur menarik untuk keluarga yang sedang dalam perjalanan. sebuah "nox pendingin" di bawah perseneling yang bisa mendinginkan enam kaleng seberat 12 ons empat botol seberat 20 ons.

Konsol tengah baru antara kursi pengemudi dan penumpang cukup luas untuk menaruh uang, dan konsol itu bisa dilepas untuk membuat jalan menuju tempat baris kedua. Honda berharap menjual lebih dari 110 ribu untuk model baru itu setiap tahun.
(YUD/A038/BRT)
Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010