Jakarta (ANTARA News) - PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar kontes modifikasi "Jazz Freed Tuning Contest 2010" yang diikuti peserta sebanyak 32 mobil, yang terdiri atas 20 mobil Honda All New Jazz dan 12 mobil Honda Freed.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya diikuti Honda All New Jazz, pada tahun ini, para pemilik Honda Freed dapat menyalurkan kreativitasnya melalui ajang modifikasi yang telah memasuki penyelenggaraan tahun keenam ini," kata Marketing & Aftersales Service Director HPM, Jonfis Fandy, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, kontes modifikasi tersebut tidak bisa terlepas dari Honda Jazz yang telah menjadin favorit tidak hanya dari sisi penjualan tetapi dalam hal modifikasi.

Mengenai keterlibatan Honda Freed yang pertama kalinya di ajang tahun 2010 ini, Jonfin menjelaskan hal itu karena pihaknya juga menemukan antusisasme modifikasi yang juga terdapat di antara para pemilik Honda Freed.

"Tampilan yang `stylish` serta ruang kabin yang lapang dan inovatif memberikan ruang yang besar bagi para penggunanya untuk melakukan modifikasi sesuai karakter, kebutuhan, maupun kreativitas mereka masing-masing," katanya.

Pada tahun 2010 ini, total pendaftar yang masuk adalah sebanyak 122 peserta dari seluruh wilayah Indonesia, yang terdiri atas 82 Honda Jazz dan 40 Honda Freed.

Jumlah tersebut kemudian diseleksi dengan ketat oleh HPM bersama tujuh juri dari wartawan otomotif nasional, untuk kemudian dipilih menjadi 32 finalis.

Para finalis itu juga merupakan unggulan dari kontes modifikasi bergengsi yang diadakan di berbagai daerah di Indonesia, seperti terdapat finalis dari Surabaya yang sebelumnya telah menjadi pemenang dalam ajang Jazz Tuning Contest Surabaya, 6 - 8 Agustus 2010.

Ajang Jazz Tuning Contest Surabaya sendiri telah berlangsung sebanyak empat kali dan pada tahun ini menampilkan 20 Honda Jazz modifikasi yang berasal dari Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Semarang.

"Kemampuan para peserta dari daerah untuk berkompetisi dengan para peserta Jakarta sekaligus menunjukkan perkembangan modifikasi di daerah yang semakin pesat," kata Jonfis.

Dalam kontes modifikasi All New Jazz ada 19 kategori yang dilombakan termasuk pemenang utama, kedua, dan ketiga. Hal yang sama juga terdapat dalam kontes modifikasi Freed.

Total hadiah untuk ajang yang digelar di Mal Kelapa Gading 3, Jakarta Utara, 28 - 31 Oktober 2010 itu adalah mencapai sekitar Rp200 juta.
(M040/M012)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010