Jakarta (ANTARA News)- Lebih dari 100 mobil berteknologi ramah lingkungan membanjiri Paris Motor Show yang diselenggarakan bulan ini di Ibu Kota Prancis itu. Tapi, ketika harus menentukan mobil ramah lingkungan mana yang terbaik di pameran Paris itu, jumlah itu langsung menciut.

Berbagai mobil dan mobil konsep ramah lingkungan yang dipamerkan semuanya masih punya kendala. Misalnya jika menghadapi pertanyaan apakah mobil-mobil itu benar-benar cocok dengan konsep berkendara sehari-hari; sudah cocokkahi dengan kondisi di berbagai belahan dunia, atau hanya di Eropa saja seperti Honda Jazz hibrida.

Berikut lima mobil ramah lingkungan terbaik pilihan The New York Times.

Kia Pop
Mobil listrik dengan baterai 'lithium polymer gel' sebagai sumber tenaga ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 87 mil per jam dan jarak tempuh 100 mil. Kia Pop seakan menyatakan bahwa mobil perkotaan dengan bahan bakar non-fosil pun bisa bergaya.

Lamborghini Sesto Elemento
Tabukah untuk menempatkan sebuah mobil super berbahan bakar bensin dalam jajaran teratas mobil ramah lingkungan di Paris?
Justru sebaliknya, khususnya untuk mobil super seperti Lamborghini Sesto Elemento. Bobotnya yang ringan seperti bulu dan terbuat dari bahan serat karbon yang ramping menjadikannya solusi untuk penyakit bongsor yang melanda mobil-mobil sport dewasa ini.

Fisher Karma
Mobil listrik hibrida itu masih ditunggu pasar karena terus menerus mengundurkan tenggat waktu pemasaran tapi harganya terus naik.

Venturi Vetish/America
Kedua mobil kembar itu adalah bukti dari gaya yang cerdas dan teknologi yang menjanjikan. Tetapi pabrikannya, sebuah perusahaan kecil di Monaco, juga sedang kesulitan menentukan tanggal produksinya. Tetapi mobil listrik Venturi sebelumnya, Bonneville Salt Flats, bisa melaju dengan kecepatan 308 mil perjam.

Jaguar C-X75
Mobil listrik yang sering digadang-gadang sebagai bintang dari Paris Motor Show itu, meski masih bertitel konsep, tampaknya tidak memberi janji kosong. Mobil itu benar-benar bisa berjalan. Kendaraan itu dilengkapi teknologi hibrida yang telah berkembang sangat jauh dan melalui riset yang sangat didanai dengan sangat baik.

C-X75 mempunyai dua turbin bensin kecil, sebenarnya adalah mesin jet, yang digunakan untuk mengisi ulang bateai. Mobil listrik itu bisa mencapai kecepatan 205 mil perjam dan mencapai jarak maksimal 70 mil.
(Ber/A038/BRT)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010