Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) akan menggenjot produksi skuter otomatik (skutik) retro, Scoopy, hingga di atas 15 ribu unit mulai bulan depan, untuk memangkas masa tunggu (inden) yang kini mencapai dua sampai tiga bulan.

"Kami targetkan inden bisa turun jadi hanya dua minggu," ujar Senior General Manager Sales (AHM), Sigit Kumala, di Jakarta, Minggu.

Sigit menilai, AHM tidak dapat menurunkan inden secara langsung. Apalagi, kata dia, bulan ini produksi tidak dapat digenjot karena ada libur Lebaran.

"Susah mengejar volume kalau hari kerja sedikit. Tapi bulan depan kami upayakan kejar produksi," ujar Sigit.

Sampai Agustus, penjualan Scoppy mencapai 37 ribu unit. Scoopy adalah skutik retro pertama di pasar Tanah Air. Sigit produksi Scoopy dapat dinaikkan karena ekspansi lini produksi skuter terus berlajan.

Kapasitas produksi skutik AHM kini mencapai 150 ribu unit dari sebelumnya 90 ribu unit. Selain Scoopy, AHM menjamah pasar skutik lewat Beat, Vario, dan model skutik premium, PCX.

Hingga akhir tahun ini, AHM mengincar 47 persen pasar skutik domestik dari total pasar sekitar 3 juta unit. Sampai Juli 2010, penjualan AHM mencapai 2 juta unit dengan pangsa pasar 47 persen.

Hasil ini mengukuhkan AHM sebagai pemimpin pasar motor domestik.
(ANT258*R016/M012)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010