Chicago (ANTARA News/AFP) - General Motors, Selasa melaporkan, peningkatan penjualan di Amerika Serikat sebesar 5,4 persen pada Juli, ke-10 bulan berturut-turut penjualannya naik setelah pemerintah membiayai restrukturisasi di bawah perlindungan kebangkrutan.

"Bulan ini menyimpulkan tahun penuh pertama kami sebagai sebuah perusahaan dan di tahun itu banyak yang telah terjadi," kata Don Johnson, wakil presiden untuk penjualan AS.

"Kami bergerak dari delapan merek ke empat, kami mengelola persediaan kami ... dan kami mengelola insentif kami bijaksana," katanya kepada wartawan.

"Saya percaya rencana kami bekerja dan kami membuat kemajuan yang sangat baik."

Penjualan GM sisa merek inti - Buick, Cadillac, Chevrolet dan GMC - naik 25 persen menjadi 199.432 kendaraan pada Juli dan meningkat 31 persen untuk tahun sampai dengan Juli.

Juli juga merupakan ketujuh bulan berturut-turut bahwa penjualan merek-merek inti tumbuh lebih dari 20 persen.

Jumlah penjualan untuk setahun hingga Juli naik 11,9 persen sebesar 1,3 juta kendaraan, yang berarti Johnson mencatat GM menjual 125.210 kendaraan baru lebih dengan hanya empat merek dari perusahaan bekas yang menjual delapan merek selamaperiode sama tahun sebelumnya.

Total penjualan untuk Juli - termasuk penjualan 210 Hummers, 20 Pontiacs dan 30 Saturn karena dealer membersihkan banyak merek mereka yuang dieliminasi - mencapai 199.692.

Johnson memperingatkan bahwa sementara GM "optimistis" tentang penjualan masa depan dan mempertahankan proyeksi total penjualan industri 2010 sebesar 11,5 hingga 12 juta kendaraan "melanjutkan berita ekonomi baru-baru ini yang masih menunjukkan sebuah pemulihan yang lambat." (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010