Jakarta (ANTARA News) - PT GM Autoworld Indonesia (GMAI) menargetkan penambahan dealer hingga 85 unit di seluruh Indonesia guna menyelaraskan pertumbuhan penjualan dan populasi produk Chevrolet di tanah air.

"Penambahan dealer untuk memperkuat jaringan itu penting, terlebih di tahun 2012 akan ada produk `value maker` yang akan diluncurkan," kata Dealer Development Manager GMAI, Ari Suryanda, di tengah pelaksanaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 di JIExpo, Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, sebagai salah satu ujung tombak penjualan dan layanan purna jual, peran dealer Chevrolet berfungsi untuk pencitraan sehingga kualitas sumber daya manusia, sistem manajemen, hingga desain tata letak dan pewarnaan sesuai dengan "Corporate Identity Guidance Chevrolet" yang berlaku di dunia diterapkan.

Ia menegaskan bahwa pihaknya sangat selektif dalam pemilihan dealer baru, sehingga dapat mengimbangi keingginan GM untuk maju. Dengan 38 dealer yang sudah ada saat ini peningkatan kualitas melalui berbagai program.

Dari segi pelayananan pun, lanjutnya, dealer harus menerapkan standar global pelayanan pelanggan Chevrolet di seluruh dunia. "Kita ketat sekali dalam standarisasi," katanya.

Pada 2010, ia mengungkapkan bahwa pihaknya akan menambah empat dealer baru diantaranya di Semarang, Palembang, Padang, dan Cibubur. Dengan demikian dealer 3S (sales, service, spare part) Chevrolet akan menjadi 42 unit di seluruh Indonesia.

Secara bertahap GMAI menargetkan penambahan menjadi 55 dealer pada 2011, meningkat lagi menjadi 70 dealer pada 2012, dan menjadi 85 dealer pada 2013.

"Kami bukan mengejar kuantitas dealer semata namun lebih kepada komitmen mereka dalam menjaga citra produk dan citra merek kami dalam memuaskan pelanggan Chevrolet agar tercipta hubungan bisnis yang saling menguntungkan," katanya.

Corporate Planning and Public Policy Director GMAI, Arif Pramadana, mengatakan penambahan dealer hingga 85 unit di 2013 tersebut untuk mendukung penambahan populasi Chevrolet 3.000 unit per bulan di tahun tersebut.

"Itung-itungannya GM dealer sebanyak itu sudah dapat mendukung penjualan 3.000 unit per bulan, asalkan komitmen dealer sendiri kuat," ujar dia.

Pada 2011, rencananya produsen otomotif dari Amerika Serikat ini akan memperkuat jaringan di wilayah timur Indonesia, mulai dari Sorong, Ambon, Kendari.
(V002/A023)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010