Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan asal Vietnam, VinFast telah resmi meluncurkan kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) mewah, yakni President yang hanya akan dipasarkan secara domestik dengan jumlah hanya 500 unit.

Kendaraan mewah asal Vietnam ini dibanderol sekitar 163.335 dolar (sekira Rp2,4 miliar) untuk 100 mobil pertama bagi mereka yang beruntung.

Sebelumnya, mobil ini sudah melakukan pameran di ajang Geneva Motor Show pada tahun lalu. Mobil ini menggunakan gril berbentuk V yang diapit oleh lampu depan yang ramping.

Selain itu, lampu LED juga tersemat di bagian belakang yang mengikuti pola berbentuk V pada ujung depan, logo "VinFast" dan "President" yang terdapat di pintu belakang.

Baca juga: VinFast gandeng LG produksi baterai mobil listrik

Baca juga: Pabrikan mobil Vietnam bakal debut SUV-sedan di Paris Motor Show


Dikutip dari CarsCoops, Rabu, mobil ini memiliki 18 warna cat eksterior yang dapat dikontraskan dengan aksen Logam Gun, Perak Metalik, Emas atau Tembaga yang dapat ditemukan di kedua ujung pintu, garis jendela, rel atap, dan roda.

Dalam sketsa interior, SUV ini yang menampilkan kulit Nappa premium dan trim kayu, dan yang terakhir mobil ini hadir dengan pola berbeda di setiap unit.

Mobil mewah ini juga dilengkapi dengan sistem infotainment 12,3 inci, cluster instrumen digital 7 inci dan audio premium dengan 13 speaker kelas atas.

President memiliki mesin V8 6.2 liter yang bersumber dari GM dengan tenaga mencapai 420 hp dan torsi maksimal mencapai 624 Nm yang dipasangkan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan.

Wakil Direktur Jenderal, Nguyen Thi Van Anh mengatakan Presiden adalah lini produk yang mewakili kelas dan kualitas tinggi dari VinFast, hadirnya mobil ini juga merupakan sebuah penegasan kami kepada dunia atas kapasitas produksi mobil Vietnam.

"Kami ingin mendedikasikan produk yang luar biasa ini dan layanan terbaik VinFast untuk orang-orang Vietnam yang memiliki semangat perintis dan kuat. Itu juga alasan mengapa VinFast hanya memproduksi 500 mobil dalam jumlah terbatas untuk memastikan mahakarya ini layak untuk pemiliknya," kata dia.

Selain meluncurkan SUV di Vietnam, VinFast tetap fokus pada pengembangan kendaraan listrik guna mencapai target peluncurannya di Amerika Serikat pada 2021.

Baca juga: Vinfast Vietnam beli pusat pengujian mobil GM Holden Australia

Baca juga: Proton Saga edisi terbatas rayakan kiprah 35 tahun

Baca juga: Vinfast Vietnam buka pusat litbang di Australia

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020