Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil Vietnam, Vinfast, mengatakan pada Rabu (9/9) telah membeli pusat pengujian mobil "GM Holden Lang Lang Testing Centre" di Australia, Reuters melaporkan pada Rabu (9/9).

Pembelian lokasi pengujian di luar negeri merupakan upaya Vinfast untuk berekspansi secara internasional.

Vinfast, salah satu unit konglomerat terbesar Vietnam Vingroup JSC, tidak mengumumkan harga yang telah mereka gelontorkan untuk membeli lokasi itu.

Pembelian GM Holden Lang Lang Testing Centre seluas 872 hektar merupakan strategi lanjutan perusahaan setelah Vinfast membuka pusat penelitian dan pengembangan di Melbourne pada bulan Juni.

Pusat litbang di Melbourne dihuni 100 orang pekerja yang mengerjakan pengembangan mobil bensin dan listrik. Mobil listrik itu akan memakai baterai buatan LG Chem Korea Selatan.

Perusahaan juga mengatakan akan memproduksi mobil listrik di Vietnam pada tahun depan, kemudian menjajaki pasar ekspor ke Amerika Serikat.

Vinfast telah menjual 5.124 unit mobil pada kuartal pertama tahun ini di Vietnam. Mereka urutan kelima secara domestik setelah Mitsubishi, Toyota, Mazda dan Ford.


Baca juga: Proton Saga edisi terbatas rayakan kiprah 35 tahun

Baca juga: Vinfast Vietnam buka pusat litbang di Australia

Baca juga: Dua mobil Vietnam raih lima bintang uji tabrak ASEAN NCAP

Pewarta: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020