Jakarta (ANTARA News) - Hyundai crossover Sport Utility Vehicle (SUV) Santa Fe hampir pasti masuk ke dalam jajaran mobil terlaris (best seller), bergabung dengan sedan Grandeur yang telah terjual lebih dari 100 ribu unit pada tahun ini, berdasarkan data industri yang diperlihatkan, Selasa.

Dilansir Yonhap pada Selasa, Hyundai Santa Fe mengalami penurunan peringkat ke posisi dua dalam ranking mobil terlaris pada November, setelah digusur oleh sedan Grandeur.

Total penjualan Santa Fe pada periode Januari hingga November sebanyak 98.559 unit, berada di bawah sedan Grandeur.

Namun demikian, Santa Fe hanya perlu menjual 1.500 unit mobil lagi pada Desember untuk dapat bergabung dengan jajaran mobil terlaris (terjual lebih dari 100 ribu unit), angka yang menurut para pejabat industri akan mudah dicapai.

Baca juga: Di China, Hyundai pamerkan SUV Santa Fe dengan akses sidik jari

Baca juga: Hyundai Santa Fe dan Accent raih rating tertinggi uji tabrakan


Grandeur telah masuk dalam "jajaran mobil terlaris" dengan total penjualan sebanyak 102.682 unit hingga November. 

Grandeur juga menjadi yang teratas di antara merek lokal lainnya dalam penjualan pada November, dengan jumlah 10.191 unit.

Capaian ini membuat Grandeur kemungkinan besar menjadi mobil terlaris di Korea Selatan untuk kali kedua secara berturut-turut.

Penjualan Grandeur, berdasarkan catatan penghitungan Januari hingga November, lebih rendah 16,5 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu, namun hal itu berhasil "diselamatkan" oleh kepopuleran Grandeur versi hibrida. 

Grandeur hibrida terjual 22.161 unit dalam bulan-bulan yang telah diperhitungkan, naik 33,5 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

Baca juga: Hyundai optimistis penjualan Grandeur dan Santa Fe lampaui 100.000 unit

Baca juga: Hyundai kenalkan Santa Fe generasi keempat dan New H-1

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018