Jakarta (ANTARA News) - Mobil klasik Ford Thunderbird bekas kepunyaan aktris Marilyn Monroe akan dilelang, dengan taksiran harga yang diperkirakan akan mencapai 500.000 dolar AS (sekira Rp7.5 miliar).

Dilansir Fox News, Rabu, Monroe diketahui membeli mobil hitam dua pintu tersebut langsung dari pabriknya pada tahun 1955. Perempuan kelahiran 1 Juni 1926 itu kemudian mengendarai mobil itu bersama dramawan Arthur Miller (suaminya yang ketiga) ke pesta pernikahan mereka pada 1956, menurut juru lelang Julien's Auctions.

Monroe memiliki mobil konvertibel itu selama enam tahun. Dia lalu memberikan mobil itu kepada John Strasberg, putra dari direktur Lee Strasberg sebagai kado untuk pesta ulang tahunnya yang ke-18. Peristiwa ini terjadi sesaat sebelum Monroe ditemukan meninggal pada 1962.

Ford menjuluki Thunderbird dengan sebutan "mobil mewah pribadi".

Baca juga: Terjual Rp 321miliar, Duesenberg mobil Amerika termahal di pelelangan

Mobil ini memiliki mesin dengan kekuatan 225 tenaga kuda serta kecepatan tertinggi pada angka 113 mil per jam. Thunderbird ini juga mencatat 30.399 mil sejak mesinnya dibangun kembali.

Disebutkan pula bahwa mobil Thunderbird ini masih mempertahankan suku cadang asli dan sebagian besar bagian interiornya tidak mengalami masalah.

"Ford Thunderbird hitam yang luar biasa ini bukan hanya bagian dari sejarah otomotif saja, tetapi juga hadir dengan aura glamor, memiliki romansa serta tragedi dari legenda Hollywood sejati," ucap Presiden Julien's Auctions Darren Julien.

Baca juga: Mercy Estate Wagon, mobil terakhir John Lennon akan dilelang

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018