Jakarta (ANTARA News) - Mengenakan produk perawatan kulit mengandung SPF menjadi sebuah keharusan agar kulit tak terbakar sinar matahari (UVB), menurut dokter spesialis kecantikan dan estetika, Dr. Maria Charlotte.

Charlotte mengatakan, sebaiknya gunakan SPF secara berulang, tiga kali dalam sehari untuk hasil yang baik.

"Diulang 3 kali. Idealnya kulitnya dibersihkan dulu," kata dia di Jakarta, Selasa.

Dia menyarankan tak perlu berlebihan misalnya mengenakan SPF yang tinggi saat akan beraktivitas, terutama bila aktivitas itu hanya dilakukan di dalam ruangan. Charlotte menuturkan, semakin tinggi kadar SPF maka akan semakin berminyak saat Anda aplikasikan ke kulit.

SPF tinggi misalnya 50 memang disarankan untuk Anda yang banyak berakvitas di luar ruangan, semisal pantai. Sementara bagi Anda yang beraktivitas di dalam ruangan, produk dengan SPF 30 sudah cukup.

"Enggak usah berlebihan. Disesuaikan sama aktivitas. Kalau sedang beraktivitas di luar cari yang SPF 50. Kalau di kantor saja, SPF 30 cukup. Kalau renang gunakan (SPF) yang waterproof," kata Charlotte.

SPF berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi ultraviolet B (UVB) yang bisa merusak lapisan atas kulit alias epidermis. Radiasi ultraviolet B dapat menyebabkan kulit memerah dan terasa terbakar.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018