Mobil listrik Kaliurang Unisi bisa dijajal di IIMS

Minggu, 22 April 2018 09:31 WIB
Mobil listrik Kaliurang Unisi bisa dijajal di IIMS
Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 di IIMS 2018. (ANTARA News/HO)
Jakarta (ANTARA News) - Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3, karya anak bangsa yang tergabung dalam tim UASC Electric Vehicle, di bawah naungan Universitas Islam Indonesia turut meramaikan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 19-29 April 2018.

Pengunjung yang hadir juga diizinkan mencoba mobil listrik langsung di arena test drive yang telah disediakan.

"Kehadiran Mobil Listrik Kaliurang Generasi 3 di ajang IIMS membuktikan bahwa anak bangsa mampu turut serta dalam perkembangan teknologi, sekaligus menjadi momen mensosialisasikan inovasi kepada pengunjung di pameran," demikian pernyataan tim UASC Electric Vehicle di IIMS 2018, Sabtu (21/4).

Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 diracang dengan sistem android dan menjadi mobil mini formula dengan pengoperasian android pertama di Indonesia yang memanfaatkan sistem telemetri karena kondisi mobil (baterai, suhu motor, dan lain-lain) dapat ditampilkan pada layar secara otomatis untuk dipantau dari paddock.

Baca: Ada festival mobil listrik di IIMS 2018

Baca: BMW i8 siap unjuk kebolehan di Festival Mobil Listrik IIMS


Kaliurang Unisi dilengkapi sistem Live Streaming yang memungkinkan tim menyaksikan secara nyata kondisi saat mobil mengikuti balapan, sehingga para pemirsa live streaming dapat merasakan sensasi yang dirasakan oleh driver di kokpit yang dilengkapi teknologi android.

Mobil karya mahasiswa ini cocok dijadikan sarana riset guna pengembangan mobil listrik di Indonesia sehingga berlangsung secara progresif.

Terkait keperluan komersial, Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi 3 siap dirakit dan didistribusikan dalam beberapa partisi antara lain controller, baterai, dan juga BMS (Baterai Management System). Tiga partisi tersebut dipilih karena bisa diproduksi dalam waktu dekat.

Terkait partisi lain, tim UASC masih membutuhkan riset lebih jauh untuk menemukan inovasi baru dari tiap-tiap partisi yang digunakan untuk kepentingan mobil listrik.

Saat ini UASC juga berfokus mempersiapkan rancangan mobil listrik terbaru yang akan diikutsertakan dalam ajang lomba Internasional FSAE Japan pada bulan September mendatang. Tim UASC berharap dukungan pemerintah dan perusahaan-perusahaan guna dalam merealisasikan rancangan mobil balap listrik yang akan dilombakan.

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2018

Produk kaca film semakin berkembang dengan teknologi yang semakin canggih guna memenuhi kebutuhan para pengguna kendaraan dari berbagai segmen mobil yang ...
Alibaba AI Labs mengumumkan bahwa Daimler, Audi, dan Volvo Cars menjadi merek mobil global pertama yang mengadopsi sistem kecerdasan buatan (Artificial ...
Para penjual mobil bekas diyakini akan merasakan keuntungan dari trend meningkatnya minat masyarakat terhadap mobil-mobil segmen sport utility vehicle (SUV) ...
Turin (ANTARA News) – Seorang seniman muda di Turin menghabiskan waktu selama beberapa bulan membuat patung mobil Fiat 500 seukuran aslinya dari marmer ...
Nissan akan memajang tiga mobil listrik dalam keikutsertaannya di pameran otomotif Auto China 2018, sebagai upaya memperlihatkan potensi mereka di pasar ...